IBL

Boston Celtics membalik kedudukan atas Miami Heat, Rabu 25 Mei 2022, waktu setempat. Celtics untuk kali pertama unggul di Final Wilayah Timur usai memenangi Gim 5 dengan skor 93-80. 

Kembali turun dengan skuad terbaiknya, Celtics membuat Heat kesulitan mencetak poin. Heat hanya memasukkan 31 persen tembakannya, padahal mereka memiliki kesempatan menembak lebih bayak dari Celtics. 

Celtics hanya menembak 71 kali sedangkan Heat 94 kali. Heat unggul 19 banding 6 di offensive rebound dan membuat 3 turnover lebih sedikit. Namun, akurasi buruk Heat membuat hal-hal di atas jadi tak berpengaruh banyak. Catatan 80 poin juga jadi yang terendah ketiga di playoff kali ini. 

Skor sebenarnya masih cukup ketat sampai pertengahan kuarter tiga. Heat bahkan unggul di paruh pertama. Namun, setelah enam menit kuarter tiga berjalan, Celtics tancap gas. Mereka menutup enam menit selanjutnya dengan laju (17-7). Selisih terus membesar sampai sempat 23 poin.

Jaylen Brown jadi top skor gim dengan 25 poin dan 4 rebound. Brown memasukkan 10/19 tembakan (53 persen) dan memimpin gim ini di tripoin dengan 5/9 (56 persen). 

Jayson Tatum nyaris tripel-dobel dengan 22 poin, 12 rebound, dan 9 asis. Al Horford kembali bermain solid dengan 16 poin, 7 rebound, plus 5 asis. Derrick White melengkapi daftar dengan 14 poin dan 5 asis dari bangku cadangan. 

Dari Heat, Bam Adebayo adalah top skor dengan dobel-dobel 18 poin dan 10 rebound. Jimmy Butler menambahkan 13 poin, 6 rebound, 4 asis. Gabe Vincent 15 poin dan Duncan Robinson 11 poin. Keduanya memulai gim dari bangku cadangan. 

Yang menjadi sorotan adalah duet Kyle Lowry dan Max Strus di barisan starter. Keduanya hari ini gagal memasukkan satupun tembakan (0/13) dan total hanya memasukkan satu tembakan di dua gim terakhir. Hari ini Strus mencetak 4 poin sedangkan Lowry tak membukukan satu poin pun. 

Celtics unggul 3-2 dan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke final NBA pertama mereka sejak 2010. Gim 6 akan dilangsungkan di TD Garden, kandang Celtics, lusa. (DRMK)

Foto: NBA 

Komentar