IBL

Timnas 3x3 akan menambah satu ajang uji tanding di luar negeri. Mereka akan berangkat ke Filipina untuk mengikuti Asia Pacific Super Quest pada akhir April mendatang. Ini akan menjadi uji tanding kedua setelah mengikuti ABL 3x3 International Champions Cup 2022.

Dalam turnamen yang berlangsung di Bali pada 15-16 April itu, Timnas 3x3 (Tim A) berhasil menyabet juara pertama. Pada laga final mereka mengalahkan Harimau Malaya 21-15.

Untuk Asia Pacific Super Quest dijadwalkan pada 30 April sampai 1 Mei 2022 di Santa Rosa, Laguna, Filipina. Tim asuhan Ali Budimansyah itu akan bertolak ke Filipina pada Jumat (29/4) mendatang.

Dari keterangan resminya, Timnas 3x3 akan membawa empat pemain saja. Kemungkinan besar empat pemain itu yang menjadi roster di SEA Games 2022 nanti. Meski belum mengumumkan secara resmi, kemungkinan empat pemain yang dibawa merupakan Tim A di ABL 3x3 yang berisi M. Sandy Ibrahim Aziz, Surliyadin, Oki Wira Sanjaya, dan Jamarr Andre Johnson.

Manajer Timnas 3x3 Ferri Jufry mengatakan Asia Pacific Super Quest ini menjadi persiapan akhir sebelum ke SEA Games 2022. Timnas 3x3 sendiri memang ditarget minimal bisa mempertahankan raihan sebelumnya, yakni menembus final.

Dalam sesi latihan di Hall Basket A Senayan, Jakarta itu, mereka lebih banyak ke materi pengembalian kondisi pemain. Timnas 3x3 sudah melakukan pemusatan latihan sejak 20 April lalu.

“Perjuangan di Bali cukup melelahkan. Kami ingin para pemain kembali bugar kondisinya dulu sebelum masuk materi teknik dan strategi,” ujar Ferri.

Meski sudah menjuarai ABL 3x3 International Champions Cup 2022, hal itu dianggap belum cukup. “Masih banyak yang perlu diperbaiki. Terutama akurasi tembakan. Selain itu juga pergerakan tanpa bola dan kerja sama tim,” imbuhnya.

Timnas 3x3 memang memiliki peluang meraih medali. Pada SEA Games 2019 lalu, mereka menembus final. Sayangnya, di laga puncak itu, mereka harus mengakui keunggulan Filipina 21-9. Saat itu materi pemain adalah Sandy, Surliyadin, Oki Wira, dan Rivaldo Tandra Pangesthio. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar