IBL

Vietnam tampak semakin serius membangun kekuatan basket mereka untuk gelaran internasional. Di ABL 3X3 Internasional Champions Cup (ICC), Vietnam juga muncul dengan kekuatan baru mereka yang langsung menarik perhatian.

Di nomor putri, Vietnam turun dengan Ngoan Huynh, Anh-Dao Tran, dan dua saudari kembar Kayleigh dan Kaylynne Truong. Dua nama terakhir ini yang jujur cukup mengejutkan publik yang hadir di Discovery Shopping Mall, Kuta, Bali dan penonton daring gelaran ini.

Kayleigh dan Kaylynne tampil solid sejak gim pertama mereka. Menghadapi Louvre Indonesia yang diperkuat dua pemain asal Australia, Megan McKay serta Maddie Garrick, Truong Sister (sebutan saudari kembar ini) terlihat sangat percaya diri. 

Dari sana, kami pun penasaran siapa pemain ini. Sejujurnya, sebelum melihat mereka tampil, kami sudah sangat penasaran dengan mereka. Sebelum tahu mereka kembar, kami sudah menduga mereka bersaudara karena kesamaan nama dan paras. Setelah mereka bermain, kami jadi semakin penasaran.

"Mereka tampil luar biasa," buka saya kepada Matthew Van Pelt, mantan pemain Pacific Caesar Surabaya yang kini menjadi pelatih tim 3X3 putra Vietnam. "Maksud Anda si Kembar? Ya mereka luar biasa, mereka bermain untuk Gonzaga University di NCAA Divisi 1."

Usai gim, kami pun tak membuang waktu untuk berbincang dengan Truong Sister. Seperti saat mereka bermain, mereka pun penuh senyum kala berbincang dengan kami. Dan seperti kebanyakan atlet yang tumbuh dan bermain di Amerika Serikat, mereka pun cukup lihai dalam berkomunikasi.

"Ini adalah sebuah kehormatan untuk kami untuk akhirnya bisa bermain mewakili Vietnam," buka Kaylynne. "Kami juga sangat senang bahwa ajang pertama kami digelar di pinggir pantai seperti ini. Sebuah pemandangan yang menyenangkan."

"Ini kali pertama untuk kami bermain 3X3. Sejauh ini kami tak merasa banyak perbedaan. Memang lebih cepat dan lebih banyak kontak fisik, tapi kami cukup senang dengan hal itu," imbuh Kayleigh.

Mengenai Gonzaga, keduanya pun mengaku cukup beruntung untuk menjadi bagian dari tim. "Kami rasa kami cukup beruntung bisa masuk ke salah satu almamater yang cukup mumpuni baik di program basket dan pendidikan. Kami belajar banyak di sana."

Terakhir, keduanya juga sudah siap 100 persen untuk menghadapi SEA Games. "Kami tak sabar untuk membela Vietnam. Oh iya, kami akan turun du dua nomor basket, 3X3 dan 5v5. Semoga kita bertemu lagi di sana." (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita, Emka Satya Putra

 

Komentar