IBL

Joel Embiid diistirahatkan oleh Doc Rivers di pertandingan terakhir Philadelphia 76ers hari ini, Minggu 10 April 2022, waktu setempat. Menghadapi Detroit Pistons, dengan peluang untuk naik peringkat yang sangat kecil, Doc memutuskan untuk tak perlu lagi menggunakan tenaga Joel.

Dengan keputusan ini, maka berakhir sudah musim reguler untuk pemain yang akrab disapa Jojo ini. Tampil 68 gim musim ini, Jojo menorehkan rataan 30,6 poin, 11,7 rebound, dan 4,2 asis per gim. Catatan poin tersebut membuatnya menjadi top skor liga untuk musim ini.

Kepastian ini sebenarnya sudah bisa didapatkan sejak awal hari ini. Pasalnya, di gim lain, Milwaukee Bucks juga memutuskan untuk tak memainkan Giannis Antetokounmpo, satu-satunya pesaing yang masih aktif. Sebelumnya, Lakers juga menonaktifkan LeBron James di dua gim terakhir mereka.

Jojo pun jadi senter pertama sejak 2000 yang mampu jadu top skor liga. Kala itu, Shaquille O'Neal bersama Los Angeles Lakers berhasil mencetak 29,7 poin per gim. Di musim itu, Lakers dan Shaq keluar sebagai juara.

Tak hanya satu sejarah yang Jojo ukir dengan berakhirnya musim reguler ini. Ia juga jadi pemain non-Amerika Serikat pertama yang mampu menutup musim sebagai top skor. Giannis dan Nikola Jokic memang jadi MVP di tiga musim terakhir namun tak ada yang keluar sebagai top skor.

Jojo juga jadi senter pertama yang mencetak 30+ poin per gim dengan menit bermain tak sampai 40 menit. Penggemar Real Madrid ini hanya tampil rata-rata 33,8 menit per gim. Sebagai perbandingan, Shaq tampil 40 menit per gim pada musimnya menjadi top skor.

Ini bahkan menjadi catatan menit bermain terendah untuk pemain yang menutup musim sebagai top skor. Ia mengalahkan Stephen Curry yang jadi top skor di dua musim berbeda (2015—2016 & 2020—2021), dengan rataan 34,2 menit per gim. 

Bicara posisi, Jojo juga ternyata jadi senter pertama sejak Moses Malone yang mencetak setidaknya 30 poin per gim dalam semusim. Malone melakukannya pada 40 tahun lalu, musim 1981—1982 bersama Houston Rockets.

Terakhir, menit yang kecil ini juga membuat Jojo menggeser Michael Jordan. Sebelumnya, MJ adalah pemain dengan catatan poin per menit terbaik dalam sejarah NBA dengan 0,79. Kini, Jojo menyalip MJ dengan 0,83 poin per menit.

Pun demikian, angka ini bisa berubah karena Jojo sendiri baru tampil 328 kali di musim reguler sepanjang kariernya. MJ bermain total 1.072 gim. Namun, untuk sementara ini Jojo bisa menikmati rekor itu menjadi miliknya.

Perjalanan Jojo di musim reguler memang telah berakhir. Akan tetapi, playoff siap menanti. Duduk di peringkat empat klasemen akhir Wilayah Timur berarti mereka akan jumpa Toronto Raptors di ronde pertama playoff. 

Terakhir kali kedua tim bertemu di playoff, Jojo harus menutup seri dengan tangis. Saat itu, tembakan kemenangan Kawhi Leonard di hadapan Jojo memupus mimpinya untuk melaku ke Final Wilayah Timur. Sejauh ini, itu adalah pencapaian terbaik Jojo di Sixers. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar