IBL

Dua tim yang paling mendapatkan sorotan musim ini, Brooklyn Nets dan Los Angeles Lakers melakukan pergerakan, Kamis 7 April 2022, waktu setempat. Keduanya sama-sama melepas masing-masing satu pemain yang keduanya adalah veteran. Nets melepas James Johnson sedangkan Lakers melepas Trevor Ariza. Dalam istilah NBA, situasi ini disebut "waive" atau bahasa mudahnya adalaj pemutusan kontrak. 

Kedua tim melakukan pergerakan ini kurang lebih dengan alasan yang sama, memberikan kesempatan pemain muda. Ya, NBA memberikan tenggat waktu samlai 10 April untuk mendaftarkan skuat akhir musim ini yang berada di bawah kontrak penuh. Dengan pergerakan ini, maka Nets dan Lakers akan punya satu slot pemain kosong yang bisa digunakan.

Nets sendiri sudah memantapkan pilihan kelada Kessler Edwards. Pilihan ke-44 NBA Draft lalu ini masih dalam kontrak dua arah (two-way contract). Nets diyakini akan memberikan pemain 21 tahun ini kontrak penuh untuk sisa musim dan sangat mungkin tambahan kontrak untuk setidaknya musim depan.

Lakers pun demikian. Namun, sampai sekarang belum ada jawaban pasti kepada siapa slot pemain yang ditinggalkan oleh Ariza akan diisi. Sejauh ini, banyak yang meyakini Wenyen Gabriel akan mendapatkan slot tersebut. Wenyen juga memiliki situasi kontrak yang sama dengan Edwards.

Sejak pandemi menyerang, NBA memang mengubah aturan two-way contract. Jika dulu pemain memiliki batasan waktu dan jumlah gim untuk bermain di NBA dan lebih banyak menghabiskan waktu di G League, kini aturan tersebut tidak ada. Hal ini menyebabkan Edwards dan Wenyen bisa berada di tim secara penuh.

Kembali ke kedua pemain yang dilepas, belum ada kabar lagi ke mana keduanya akan berlabuh. Pun begitu, keduanya masih sangat bisa mengisi slot pemain di tim playoff yang butuh kehadiran pemain berpengalaman meski tak harus terus bermain.

James Johnson sebenarnya musim ini cukup berguna untuk Nets. Ia tampil 62 kali dengan ratan 19,2 menit per gim. Namun, dengan sesaknya veteran di Nets, mereka jelas butuh sosok pemain muda untuk bisa menjaga fleksibilitas skuat mereka sampai musim depan.

Sebaliknya untuk Ariza, cedera membuatnya tak membantu banyak. Ariza hanya tampil 24 kali musim ini. Meski rataan menit bermainnya kurang lebih sama dengan Johnson yang mana cukup tinggi, faktor absen panjang Ariza membuat Lakers tak bisa berprestasi lebih baik musim ini.

Kedua tim menghadapi situasi yang berbeda. Lakers sudah dipastikan tersingkir dari persaingan playoff. Jangankan playoff, Play-in Tournament saja mereka gagal lolos. Sebaliknya untuk Nets, mereka akan menjalani Play-in Tournament dan coba memperpanjang musim mereka sampai playoff pekan depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar