IBL

NBA akan semakin seru ke depannya. Ya, selain penonton sudah penuh hadir, seiring dengan kebijakan pemerintah, perlahan kewajiban untuk menggunakan masker di dalam ruangan juga ditangguhkan. Hal ini akan menjamin semakin lepas dan riuhnya suara penonton di stadion.

Terbaru, 14 Maret 2022, waktu setempat melalui laman resmi mereka, Sacramento Kings, juga memastikan hal ini. Dalam keterangan resminya, Kings telah menghapus kata wajib menjadi merekomendasikan untuk penggunaan masker. 

Rekomendasi ini tak hanya untuk pihak yang sudah melakukan vaksinasi. Rekomendasi ini untuk semua penonton, termasuk yang tidak melakukan vaksinasi. Namun, untuk yang tidak melakukan vaksinasi, diharapkan mereka lebih mawas diri dan menggunakan masker kecuali saat makan dan minum.

Namun, tetap ada protokol yang harus dipenuhi. Untuk penonton berusia dua tahun ke atas, harus menunjukkan buti vaksinasi mereka sebelum masuk ke lapangan. Jika tak melakukan vaksinasi, maka mereka harus menunjukkan bukti hasil tes negatif PCR ataupun Antigen. Tes PCR berlaku dua hari setelah tes, sedangkan Antigen satu hari.

Dilansir Deadline.com, perubahan aturan ini mengikuti perubahan aturan yang dilakukan oleh tiga negara bagian di pantai barat Amerika Serikat per 11 Maret. Tiga negara bagian itu adalah California, Oregon, dan Washington.

Sebenarnya, negara bagian California sudah tak lagi mewajibkan penggunaan masker untuk aktivitas dalam ruangan per 1 Maret. Namun, kebijakan ini baru dilakukan menyeluruh, termasuk kepada murid sekolah dan penduduk usia dini per 11 Maret lalu. 

Pun demikian, beberapa tempat seperti pusat kesehatan, pusat penampungan warga, penampungan tunawisma, hingga pusat perawatan kesehatan masih diwajibkan menggunakan masker. 

"California akan terus menyesuaikan kebijakan terhadap data dan penelitian terbaru," tutur Gubernur California, Gavin Newsom. "Berdasarkan dua tahun terakhir, masker adalah salah satu elemen penting dalam meminimalkan penyebaran virus ini dan varian terbaru ke depannya. Kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi du masa depan, tapi sebaiknya kita mempersiapkan diri dan terus berkembang mengikuti hal-hal baru yang kita temukan di depan sana," tutupnya. 

Berhubung ini adalah kebijakan negara bagian, maka Golden State Warriors, Los Angeles Lakers, dan Los Angeles Clippers juga mengikuti kebijakan ini. Mereka mengubah kewajiban penggunaan masker menjadi rekomendasi saja. 

Secara total, 25 dari 30 tim NBA sudah tidak mewajibkan lagi penggunaan masker untuk menonton pertandingan. Sebanyak 19 dari 25 tim tersebut juga tak lagi mewajibkan bukti vaksinasi atau tes covid-19 untuk hadir di stadion.

Dengan playoff yang sudah semakin dekat, bisa dipastikan gim-gim NBA akan semakin panas dengan kehadiran penonton. Riuh semangat hingga cemoohan akan menjadi bumbu pelengkap di tengah persaingan panas untuk mendapatkan kejayaan musim ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar