IBL

Zemun Master (Serbia) memenangi FIBA 3x3 World Tour Bloomage Beijing Final 2017 setelah mengalahkan Novi Sad Al Wahda (Uni Emirat Arab) di partai puncak. Laga berjalan ketat hingga menyisakan waktu 12 detik dan kedudukan sama kuat 17-17. Pemain Zemun Master, Bogdan Dragovic mencetak tembakan dua angka dan membuat penonton di Wukesong Hi-up Mall bersorak seakan tak percaya bahwa tim 3x3 nomor satu dunia tumbang. Zemun Master menang atas Novi Sad Al Wahda dengan skor 19-17.

image (3)

Di partai puncak ini, Dragovic alias "The Dragon" mencetak tujuh poin. Lalu penembak jitu, Lazar Rasic menambahkan enam poin. Marko Dugosija dan Nikola Vukovic masing-masing memberikan kontribusi tiga poin. Drugosija dinobatkan sebagai MVP di FIBA 3x3 World Tour Bloomage Beijing Final 2017.

"Dia (Dragovic) hanya menembak bola di akhir waktu, saya kaget itu masuk. Saya benar-benar merasakan kemenangan yang emosional. Suara saya sampai habis dan tidak bisa berkata-kata lagi," kata Lazar Rasic. "Kami akan pulang ke negara kami dan merayakan kemenangan bersama keluarga. Merayakan kemenangan layaknya sang juara dunia."

Zemun Master merupakan tim yang tidak pernah memenangkan satu pun gelar World Tour. Baik di tahun 2017 atau di tahun-tahun sebelumnya. Tapi tahun ini mereka sangat luar biasa dengan masuk ke babak final di dua seri Masters, yaitu Chengdu Master dan Mexico City Masters.

Perjalanan di World Tour Final 2017 juga tak mulus. Sebagai unggulan keempat, Zemun Master justru kalah 12-20 atas Piran (Slovenia) di laga pertama babak penyisihan. Tapi mereka berhasil lolos ke delapan besar setelah mengalahkan Saskatoon (Kanada) dengan keunggulan 16-14. Di babak delapan besar Zemun Master menang atas juara FIBA 3x3 World Tour 2016, Ljubljana (Slovenia), dengan skor 14-12. Lalu mereka melaju ke final setelah mengalahkan Riga (Lativa), 21-18.

image (2)

Prestasi yang membanggakan bagi Zemun Master, sekaligus kekalahan menyakitkan bagi Novi Sad Al Wahda. Tim ini sudah mendapatkan tiga gelar juara World Tour Masters dari tujuh seri. Sekaligus, mereka punya target menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya. Tapi justru mimpi itu dibuyarkan oleh Zemun Master dengan buzzer beater.

Padahal perjalanan Novi Sad Al Wahda sudah terbilang mulus. Mereka berhasil menyingkirkan pesaing terberatnya yaitu Liman (Serbia) dan Piran (Slovenia). Berhadapan dengan Zemun Master di final, tentu dianggap perkara mudah bagi Novi Sad Al Wahda. Tapi justru, kekecewaan mendalam yang harus mereka terima. Di pertandingan final, Dusan Domovic Bulut mencetak delapan poin dan Dejan Mastorovic menambahkan empat poin.

image

Zemun Master membawa pulang hadiah senilai 40.000 dolar Amerika. Kabarnya, empat tim teratas di FIBA 3x3 World Tour Final 2017 ini, sudah mengantongi sekitar 600.000 dolar Amerika selama penyelenggaraan tahun ini.

Berikut Klasemen akhir FIBA 3x3 Bloomage Beijing Final 2017;

Final Standings of Bloomage Beijing Final 1. Zemun Master (Serbia) 2. Novi Sad Al Wahda (Uni Emirat Arab) 3. Piran (Slovenia) 4. Riga (Latvia) 5. Ljubljana (Slovenia) 6. Liman (Serbia) 7. Lausanne (Swiss) 8. Kranj (Slovenia) 9. Humpolec (Republik Ceko) 10. Belgrade (Serbia) 11. Krakow R8 Basket (Polandia) 12. Saskatoon (Kanada)

Dalam kontes individu di FIBA 3x3 World Tour Bloomage Beijing Final 2017, Steve Sir dari Saskatoon menjadi yang terbaik di Shout-Out Contest. Sedangkan dungker profesional asal Polandia, Rafal "Lipek" Lipinski menjadi yang terbaik di Dunk Contest. Artinya Lipek sudah menjadi FIBA 3x3 World Tour Dunk Champ untuk kelima kalinya.

lip

Foto: fiba.com

Komentar