IBL

Prawira Bandung buka perjalanan mereka di "gelembung" IBL dengan kemenangan telak 69-49 atas Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Minggu, 6 Maret 2022. 

Prawira unggul mutlak sepanjang gim. Mereka bahkan sempat unggul 30 poin yang membuat kuarter empat mereka lakoni dengan lebih tenang. Keunggulan telak di tiga kuater ini pula yang membuat Prawira bisa lolos dari kekalahan meski membuat total 21 turnover.

"Saya suka bagaimana pemain memulai gim pertama dengan sangat agresif," terang David Singleton, Kepala Pelatih Prawira. "Mereka bertahan dengan bagus dan menjalankan strategi permainan kami dengan cukup baik."

"Kredit juga untuk Pelita Jaya yang terus bermain gigih sampai akhir gim. Kami tahu mereka tidak bisa turun dengan satupun pemain asing, ada juga dua pemain yang harus ke Indonesia Patriots, tapi ini adalah gim profesional. Kami harus memanfaatkan hal tersebut."

Dua penggawa asing Prawira memimpin perolehan poin. Christopher Sterling menjalani debutnya musim ini dengan catatan 18 poin dan 6 rebound. Sterling memasukkan 7/15 tembakan (46 persen), termasuk 3/7 tripoin (42 persen). Taj Spencer membuntuti dengan 15 poin, 9 rebound, dan 4 steal. 

Dari Pelita Jaya, Andakara Prastawa mencetak 14 poin, sedangkan Muhamad Arighi menambahkan 10 poin. Pelita Jaya tampil tanpa Dior Lowhorn karena hukuman larangan bertanding. Ia terkena ejected saat gim terakhir Pelita Jaya melawan West Bandits Combiphar Solo, 21 Januari lalu. 

Pelita Jaya juga sudah tak membawa serta Yesaya Saudale dan Hendrick Xavi Yonga karena panggilan Patriots. Pemain asing pengganti Kevin Bridgewaters pun belum siap untuk berlaga.

"Ya kami menghadapi banyak ujian jelang gim ini. Namun, Puji Tuhan karena kami bisa menyelesaikan gim dengan selamat sehat sentosa semua," tutur Fictor Roring, Kepala Pelatih Pelita Jaya.

"Ini memang bukan alasan sebenarnya untuk kami kalah. Kami sangat benci kalah. Namun, kami benar-benar menghadapi banyak sekali kendala utamanya karena covid-19. Lalu ada juga penggawa yang dipanggil timnas. Ya banyak hal, tapi semoga kami akan membaik ke depannya. Kredit juga untuk Prawira, pergantian pemain asing mereka cukup bagus."

Ini adalah kekalahan perdana Pelita Jaya musim ini. Dengan ini, semua tim di IBL 2022 sudah merasakan kekalahan. Pelita Jaya memiliki rekor (4-1), sedangkan Prawira melaju dengan tiga kemenangan beruntun dan rekor (5-2). (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar