IBL

Guard keturunan Filipina-Indonesia, Ebrahim Enguio Lopez mengikuti PBA Rookie Draft Combine sebagai seleksi masuk ke liga bola basket profesional Filipina. Biboy --sapaannya-- termasuk dalam 44 pemain yang diseleksi untuk menentukan posisi dalam malam Draft PBA, 29 Oktober 2017 mendatang.

Ibarat melamar pekerjaan, 44 pemain ini menunjukkan kemampuannya masing-masing, termasuk Biboy. Mereka dilihat langsung oleh kepala pelatih 12 tim PBA. Mereka pun terlibat persaingan sengit guna memikat para pelatih tersebut. Biboy turun di pertandingan ketiga. Timnya kalah 68-72. Tapi ia bisa mencetak sembilan poin.

"PBA telah menjadi impian terakhir saya sejak saya masih kecil," kata Enguio kepada Joaquin Henson dari The Philippine Star. "Tepat setelah kuliah, saya bermain di D-League, kemudian ditawari bermain di Indonesia. Kali ini, karena alasan keluarga, saya akan bermain di PBA, tidak lagi di luar negeri."

Biboy lahir di Alabang, Filipina. Ayahnya berasal dari Bali, Salim Lukman, dan ibunya asli Filipina bernama Julieta Lopez. Ia memperoleh paspor Indonesia pada tahun 2013. Lalu saat itu, Biboy bergabung dengan Aspac Jakarta. Ia pernah menjadi Rookie of the Year di tahun 2013 dan Sixth Man of the Year pada tahun 2014. Sebagai warga negara Indonesia, Biboy tampil membela timnas Indonesia di SEABA 2014, SEA Games 2015 dan SEA Games 2017.

Sejak tak bermain di Indonesia pada musim 2017 lalu, Biboy bergabung dengan tin Cobra and Boracay di PBA D-League. Sebelum berangkat ke SEA GAmes, Biboy juga sempat bergabung dengan tim Skippers. Tapi karena ada panggilan dari timnas Indonesia, akhirnya Biboy meninggalkan tim tersebut.

"Biboy berlatih bersama kami selama dua bulan dan bermain dalam semua pertandingan pemanasan tim kami, termasuk saat menang atas Cignal," ungkap kepala pelatih Skippers, Koy Banal. Biboy naik ke starting line-up setelah Kenneth Ighalo diambil tim PBA. Sebenarnya saya berat melepaskannya, tapi saya memberi nasihat agar dia pergi ke Indonesia dulu, sebab tim nasional akan membawanya ke Amerika Serikat dan Lithuania. Dia akan banyak belajar di sana."

Lebih jauh, Banal menuturkan bahwa Biboy merupakan pemain yang sangat potensial di PBA. Banal yakin Biboy akan terpilih di putaran pertama atau setidaknya di putaran kedua. Kemudian  Ofisial tim Marinerong Pilipino dan PBA Broadcaster, Chigui Reyes menyebut bahwa Biboy adalah bintang masa depan PBA.

"Saya senang melihat bagaimana dia menyesuaikan diri dengan pembinaan dan level permainan di PBA. Dia pemain yang suka mencetak tembakan tiga angka," kata Reyes.

Foto: instagram PBA Connect

Komentar