IBL

Gim antara San Antonio Spurs dan Oklahoma City Thunder, Rabu, 16 Februari 2022, waktu setempat yang berujung kemenangan Spurs 114-106 menghadirkan sejarah baru.

Tak sekadar jadi Kemenangan ke-23 Spurs musim ini, kemenangan ini juga mendekatkan Gregg Popovich menuju "keabadian". Kemenangan ini membuat pelatih yang akrab disapa Pops ini menyalip Lenny Wilkens sebagai pelatih dengan total kemenangan terbanyak kedua sepanjang sejarah NBA (musim reguler). 

Pops kini meraih 1.333 kemenangan, berjarak hanya tiga kemenangan lagi untuk menyalip Don Nelson (1.335) sebagai pemegang rekor terbanyak. Bersama Doc Rivers, Pops adalah satu-satunya pelatih aktif di 10 besar pelatih dengan kemenangan terbanyak di sejarah NBA.

Pops juga satu dari enam pelatih yang sudah memimpin tim setidaknya di 2.000 gim dan berkarier selama 26 tahun. Dari barisan ini, jelas Pops mengantongi persentase kemenangan tertinggi dengan 65,9 persen.

Dengan sisa musim yang masih panjang, kemungkinan Pops akan memecahkan rekor Nelson dalam hitungan hari. Jika rekor itu pecah, maka hampir bisa dibilang komplet karier kepelatihannya. Pops menang lima kali juara NBA dan juga tambahan medali emas Olimpiade 2020. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar