IBL

Masih dalam rangkaian 75 tahun NBA, pada Selasa, 8 Februari 2022, waktu Amerika Serikat, liga merilis 15 nama kepala pelatih terbaik sepanjang masa. Dari jumlah tersebut ada empat pelatih yang masih aktif, yaitu Steve Kerr, Erik Spoelstra, Doc Rivers, dan Gregg Popovich.

Daftar tersebut disusun berdasarkan pemungutan suara dari 43 orang yang terdiri dari 30kepala pelatih di NBA saat ini, bersama dengan Asosiasi Pelatih NBA yang dikepalai oleh Rick Carlisle. Kemudian ada 13 mantan kepala pelatih NBA. Sementara itu, panel peserta pemungutan suara dilarang memilih diri mereka sendiri, dan tidak boleh memberikan peringkat. Berikut daftar panelis untuk pemilihan 15 pelatih terbaik sepanjang masa di ulang tahun NBA ke-75:

Kalau prestasi mereka dijumlahkan, ke-15 kepala pelatih tersebut sudah memenangkan 14 ribu pertandingan di musim reguler, memenangkan 45 gelar juara NBA, dan mendapatkan 16 penghargaan Coach of The Year. Berikut daftar 15 pelatih terbaik sepanjang masa di NBA:

Dari 15 nama tersebut yang paling menarik adalah Phil Jackson. Dia merupakan pelatih dengan 6 cincin juara dalam 9 musim bersama Chicago Bulls. Jackson mencetak rekor 656 kemenangan dengan rincian 545 kali di musim reguler dan 111 kali di playoff. Tak berhenti sampai di sana, Jackson selanjutnya memimpin Lakers dengan persentase kemenangan paling tinggi sepanjang masa yaitu 73,7 persen. Jackson juga menambah koleksinya jadi 11 cincin juara dengan 5 gelar bersama Lakers. (tor)

Foto: Bleacher Report

 

Komentar