IBL

ASEAN Basketball League (ABL) akan memulai musim baru. Sembilan kontestan diperkenalkan dalam konferensi pers yang digelar di Shangri-La Hotel di Bonifacio Globay City, Manila. Liga antar klub profesional di Asia Tenggara dan beberapa negara di kawasan Asia itu memasuki musim kedelapan.

ABL 2017-2018 menjadi musim yang istimewa. Sebab untuk pertama kalinya diikuti oleh sembilan tim. Padahal sebelumnya, liga ini hanya mempertemukan enam tim saja. Kecuali pada tahun 2012 yang diikuti delapan tim.

Sembilan kontestan itu terdiri dari lima tim yang musim lalu ikut, yaitu Hong Kong Eastern Sports Club (Hong Kong), Singapore Slingers (Singapura), Westport Malaysia Dragons (Malaysia), Saigon Heat (Vietnam) dan Alab Pilipinas (Filipina).

Kemudian ada Formosa Dreamers (Taiwan) yang menggantikan tempak Kaohsiung Truth yang mengundurkan diri. Lalu ada tiga tim baru yaitu Mono Vampire Basketball Club (Thailand), Nanhai Long Lions (Tiongkok) dan terakhir CLS Knights Indonesia (Indonesia).

Chief Operating Officer ASEAN Basketball League, Jericho Ilagan menyebut bahwa ABL akan menghadirkan permainan yang lebih menarik kepada para penggemarnya. Mereka akan disuguhi aksi-aksi bintang basket dari kawasan Asia Tenggara lainnya.

"Anda tidak hanya terkurung di Filipina saja. Semua tim yang menjadi peserta tahun ini sangat kompetitif. Penambahan CLS Knights Indonesia, Mono Vampire sangat bagus. Mereka tim yang berkualitas di negara masing-masing. Ditambah dengan tim dari Tiongkok dan Taiwan yang sama-sama punya kekuatan tidak terduga," ucap Ilagan.

Sementara itu CLS Knights sebagai wakil Indonesia sudah bersiap menghadapi kerasnya persaingan di ABL 2017-2018. Sebagai salah satu persiapan, mereka akan memperkenalkan tim sekaligus meluncurkan logo baru pada 10 November 2017 mendatang.

Managing Partner CLS, Christopher Tanuwidjaja, mengatakan jersey anyar CLS Knights Surabaya tetap menggunakan warna kebesaran tim, yakni ungu. Namun, pada jersey yang akan digunakan di ABL juga merepresentasikan Indonesia.

"Kami menggunakan jersey baru yang memiliki warna sama yakni ungu. Namun, terdapat corak batik yang akan terlihat jelas di jersey, yang menjadi sentuhan khas Indonesia," kata Itop, sapaan akrabnya.

Sementara untuk logo baru CLS Knights Indonesia akan ditunjukkan tepat pada peringatan hari Pahlawan. Menurut Itop, logo baru tersebut akan melambangkan CLS Knights sebagai klub yang berasal dari Kota Pahlawan, Surabaya.

Foto: Yoga Prakasita

Komentar