IBL

Geliat basket putri Indonesia kembali menyala. Adalah Women Basketball Open Tournament resmi dimulai pada Minggu, 23 Januari 2022. Diselenggarakan oleh GMC yang bekerja sama dengan Go Basket, turnamen ini digelar di GMC Arena Cirebon pada 23-28 Januari 2022.

Turnamen ini diselenggarakan dalam rangka menyambut ulang tahun GMC yang ke-11 sekaligus menghidupkan kembali turnamen basket putri senior. GMC sendiri beberapa waktu lalu berhasil menggelar turnamen kelompok umur yang diikuti beberapa tim di Indonesia.

Dalam prosesnya, Women Basketball Open Tournament ini akhirnya juga diikuti tim SMA. Total ada 4 peserta SMA dan 4 peserta senior. Di nomor senior, ada GMC Cirebon sebagai tuan rumah, Surabaya Fever, Universitas Budi Luhur, dan Peak Showtime. Untuk SMA, ada BPK Penabur Cirebon, PPOP Kota Bogor, SMA Kharisma Bangsa Tangerang, dan PPOP Kabupaten Indramayu. 

Turnamen ini menggunakan sistem liga, di mana kedua tim akan bertemu dua kali tanpa semifinal dan final. Harapannya, turnamen ini bisa menjadi ajang tahunan atau bahkan bisa mengajak peserta yang lebih banyak.

"Saya sudah memberikan undangan ke beberapa tim profesional, namun yang baru menyanggupi hanya Surabaya Fever," terang Njoo Lie Wen yang juga dikenal dengan nama Wahyu Gunarto. "Saya miris melihat banyaknya potensi pemain putri di Indonesia tapi tidak punya panggung untuk beraksi. Semoga ke depannya acara ini bisa jadi agenda tahunan untuk pebasket putri Indonesia." (DRMK)

Foto: Shot Nation

Komentar