IBL

Pertandingan Hari Natal menjadi salah satu agenda besar dalam rangkaian musim reguler NBA. Sebab itu, NBA juga membuat sesuatu yang istimewa. Bukan hanya jadwal pertandingan saja, namun seragam tim juga tak luput dari perhatian. Tradisi membuat seragam istimewa ini sudah dimulai sejak 2012. 

NBA sudah mulai membuat pertandingan Hari Natal jadi lebih istimewa pada tahun 2008. Kalau masih ingat, saat itu seluruh seragam tim yang bertanding pada tanggal 25 Desember waktu Amerika Serikat terdapat kepingan salju di bawah logo NBA. Kemudian sejak tahun 2012, NBA selalu merilis seragam khusus Hari Natal untuk 10 tim yang bertanding di hari tersebut. Tradisi tersebut berjalan sampai pada tahun 2018. 

Sejak 2018, seragam khusus Hari Natal dihapuskan oleh produsen perlengkapan olahraga yang kini memegang kontrak dengan NBA, yaitu Nike. Sebagai gantinya, di laga Hari Natal 2021 ini, Nike mengeluarkan seragam "City Edition" untuk beberapa tim. Ada yang pernah dipakai sebelumnya, namun ada yang belum pernah muncul. 

Seragam yang bakal terlihat segar dan diperkenalkan ke publik pada Hari Natal nanti adalah "404 Forever" milik Atlanta Hawks, dan City Edition milik New York Knicks. Hawks tampaknya menggambungkan semua elemen seragam bersejarah mereka. Sementara Knicks punya tampilan khas 90'an. 

Ada pula milik Boston Celtics yang tampil lebih cerah dengan kombinasi hijau, dengan aksen putih lebih banyak. Desain celana Celtics didedikasikan untuk menghormati Red Auerbach, sementara logo di celana adalah peringatan 75 tahun tim. Sebaliknya, seragam Bucks mengadopsi warna-warna yang dipakai tahun 1980'an. Logo tanduk di celana, merupakan cerminan dari era Ray Allen. Sementara untuk memberi kesan moderen, Bucks tetap memakai font angka yang sama dengan yang ada di seragam saat ini. 

Pertandingan Hari Natal 2021 akan mempertemukan 10 tim. Hawks akan berhadapan dengan Knicks, kemudian Celtics melawan Bucks. Warriors dan Suns akan bertemu untuk memperebutkan posisi puncak klasemen Wilayah Barat. Sedangkan Lakers akan menyambut Brooklyn Nets, di Crypto.com Arena. Terakhir ada Dallas Mavericks melawan Utah Jazz. Selain Celtics, Hawks, Knicks, dan Bucks, tampaknya mereka memakai seragam "City Edition" yang pernah dikenakan sebelumnya. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

 

Komentar