IBL

Timnas Elite Muda yang baru sudah terbentuk. PP Perbasi mengumumkan 24 pemain muda yang akan mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Nantinya 17 orang masuk roster Indonesia Patriots di IBL 2022, sisanya tetap ikut latihan sambil dipantau perkembangannya. 24 nama pemain ini disaring melalui dua tahapan seleksi di Cirebon dan Surabaya. 

Dari dua tahap seleksi tersebut, kepala pelatih Milos Pejic mendapatkan nama-nama sesuai kriteria yang diinginkan. Mereka akan dikumpulkan di Jakarta dalam waktu dekat. "Nanti dari 24 pemain ini akan dipilih 17 orang untuk IBL 2022. Sisanya akan jadi tim lapis ketiga, yang secara berkelanjutan akan berlatih bersama dan dipantau terus perkembangannya," terang Team Director Timnas Elite George Fernando Dendeng.

Berikut 24 pemain yang masuk Timnas Elite Muda:

1. Julian Alexandre Chalias (Bali)
2. Anak Agung Gede Agung (Bali)
3. Gede Algy Wimbardy (Bali)
4. Renard Ichtus Hernando (Banten)
5. Mikail Jaydra (DKI Jakarta)
6. Aldy Izzatur Rahman (DKI Jakarta)
7. Ali Bagir Wayarabi Alhadar (DKI Jakarta)
8. Aaron Nathanael (DKI Jakarta)
9. Dewantara Lintar Yanuar (DKI Jakarta)
10. Likemo Deo (Jawa Barat)
11. M. Nabizar Attila Taqwa (Jawa Tengah)
12. Mario Davidson (Jawa Tengah)
13. Aven Ryan Pratama (Jawa Timur)
14. Daniel Salamena (Jawa Timur)
15. Ezra Lapian (Kepulauan Riau)
16. Valentinus Wongso (Kalimantan Barat)
17. Maikel Andreas Cores Baliba (Papua)
18. Rezha Saputra Butarbutar (Papua)
19. Armando Fredik Yegiwar Kaize (Papua)
20. Jacob Lobbu (Sulawesi Utara)
21. Andrew Lensun (Sulawesi Utara)
22. Willyam Beckham Mamahit Pontoh (Sulawesi Utara)
23. Dame Diagne (naturalisasi)
24. Serigne Modou Kane (naturalisasi)

Dari 24 pemain tersebut ada yang mendapatkan perhatian khusus dari pelatih Milos Pejic, yaitu Armando Fredik Yegiwar Kaize (Papua) dan Renard Ichtus Hernando (Banten). Mereka akan dilihat kualitasnya lebih dalam lagi dalam pemusatan latihan. 

Sementara itu, PP Perbasi melihat bahwa keikutsertaan timnas muda ke IBL bisa mendorong kualitas pemain. Mereka juga bisa mendapatkan pengalaman langsung di pertandingan tersebut. Nantinya diharapkan para pemain muda bisa mengejar kualitas pemain senior.

"Kami sudah memberikan nama-nama terbaik di kategori usia ini kepada pelatih. Sehingga yang terpilih saat ini adalah yang terbaik yang ada pada saat seleksi. Perlu diingat bahwa dalam prosesnya timnas muda ini juga menerapkan sistem promosi dan degradasi. Jadi apabila ada pemain yang tidak menunjukkan perkembangan dengan baik, maka bisa digantikan pemain lain," ungkap George.

Sebagaimana diketahui, Timnas Elite musim ini dilatih Coach Milos Pejic dengan dua asisten Ricky Gunawan dan Roland Robinson Lengkong. Kemudian Andi Poedjakesuma alias Andi Batam menjabat General Manager sementara posisi manajer dijabat Jamin Mattotoran. Adapun Waketum PP PERBASI Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng sebagai Direktur Tim. (tor)

Sumber berita: Rilis PP Perbasi

Foto: Dika Kawengian

Komentar