IBL

Honda DBL 2021 East Java Series resmi dimulai, Rabu (27/10). Ada yang berbeda dengan perhelatan musim-musim sebelumnya. Venue yang digunakan Honda DBL seri Jatim ini berbeda dari biasanya. Jika bertahun-tahun Honda DBL seri Jawa Timur dihelat di DBL Arena, kali ini digelar di Gelora Pancasila.

Pemilihan venue itu merupakan tawaran langsung dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Ada semangat luar biasa di balik tawaran wali kota itu. Eri ingin, Honda DBL 2021 East Java Series menjadi penanda bangkitnya lagi olahraga, setelah hampir dua tahun terbelenggu pandemi Covid-19. Sebagai penanda kebangkitan itu, Eri berharap penyelenggaraan kompetisi pun digelar di tempat yang istimewa. Gelora Pancasila.

Ya, Gelora Pancasila memang salah satu venue olahraga istimewa yang dimiliki Surabaya. Tempat itu bersejarah. Masuk dalam daftar bangunan cagar budaya Pemkot Surabaya. Gelora Pancasila berada satu kompleks dengan lapangan THOR. Lapangan yang ada sejak zaman kolonial.

THOR adalah singkatan dari Tot Heil Onze Ribben, yang artinya Hail to Ourselves Ribcage (Salam untuk Tulang Rusuk Kita). THOR dulunya nama klub sepak bola yang menggunakan lapangan tersebut.

Nah, di era kemerdekaan lapangan THOR banyak dipakai untuk kegiatan atletik. Dari sana kemudian dibangun juga Gelora Pancasila. Berbagai agenda olahraga nasional pernah dihelat di tempat ini.

Wali Kota Eri Cahyadi senang akhirnya Gelora Pancasila digunakan sebagai tempat berlangsungnya Honda DBL 2021 East Java Series. "Hari ini saya bangga betul karena Gelora Pancasila adalah tempat yang bersejarah bagi warga Surabaya. Banyak atlet-atlet nasional dan internasional berasal dari Kota Surabaya, yang dilahirkan dilahirkan di gedung ini," kata wali kota yang masih berusia 44 tahun itu.

Eri berharap dari Gelora Pancasila itu akan lahir talenta-talenta muda alumni Honda DBL yang kelak menjadi atlet nasional di masa depan. Bahkan bisa tembus dunia internasional.

"Ayo tunjukkan sportivitas. Karena sportivitas itulah yang membawa kita menuju langkah yang lebih hebat lagi. Saya yakin Honda DBL bisa memberikan contoh bagaimana sportivitas olahragawan. Sebab jika kita menjunjung sportivitas, maka keberhasilan juga akan diraih," pesan Eri.

Honda DBL 2021 East Java Series dibuka dengan pertandingan antara SMA Cita Hati East Surabaya dengan SMA Kolese Santo Yusup Malang. Eri berpesan agar kepada masing-masing pendukung untuk menyaksikan pertandingan ini melalui livestream.

"Selamat bertanding dan selamat berjuang. Tonton terus tayangan streaming-nya. InsyaAllah tidak akan rugi. Sebab Honda DBL pastinya menjadi yang terbaik di Surabaya maupun di kota-kota lainnya di Indonesia," ucap Eri.

Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda juga mengaku bangga karena Honda DBL 2021 East Java Series dapat berlangsung di Gelora Pancasila. "Kami merasa sangat terhormat menggunakan tempat bersejarah ini. Dulu banyak sejarah olahraga Indonesia tercatat di gedung ini, sekarang kami bisa berada di sini," ucap Azrul.(gun)

Komentar