IBL

Gregg Popovich sekarang sudah berusia 72 tahun. Dia berniat untuk mengakhiri karir sebagai pelatih San Antonio Spurs. Namun pihak manajemen meminta waktu untuk mencari penggantinya. Setidaknya Coach Pop bisa menangani Spurs dua tahun lagi.

Dikutip dari laporan reporter ESPN, Jordan Schultz, saat ini Spurs sedang menyiapkan suksesor Popovich yang akan berencana pensiun dua tahun lagi. Spurs tengah menimang kandidat pelatih dari internal, atau mengambil dari luar klub. Tentu Coach Pop bakal turut andil dalam pemilihan pelatih baru ini.

Sebelumnya, Coach Pop dikabarkan akan merapat ke Brooklyn Nets. Kabar itu berhembus sebelum musim 2020-2021. Namun kenyataannya, Coach Pop masih bertahan di Spurs hingga sekarang. Bahkan sukses membawa timnas Amerika Serikat meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2021. Meski ada dugaan bahwa musim 2021-2022 akan menjadi musim terakhir Coach Pop di Spurs, namun laporan Schultz menyatakan kalau pihak klub meminta pelatih kelahiran Indiana tersebut bertahan dua tahun lagi. Sembari klub menyiapkan sosok yang tepat untuk menggantikannya.

Sementara itu, Zach Lowe dari ESPN sudah membuat prediksi soal pelatih baru Spurs, bulan lalu. Nama-nama yang masuk merupakan kalangan internal Spurs saja. Mantan asisten Spurs, Will Hardy, serta mantan bintang klub, Manu Ginobili, menjadi kandidat terkuat pengganti Coach Pop. Meski Manu diperkirakan kurang berminat duduk di kursi panas bekas klubnya.

Selain mereka berdua, muncul nama Becky Hammon, asisten pelatih wanita Spurs, serta dua asisten pelatih Spurs, Brett Brown dan Jacque Vaughn juga masuk bursa pelatih baru Spurs. Tiga nama tersebut muncul dalam laporan Jake Fischer dari Bleacher Report.

Gregg Popovich saat ini memegang rekor sebagai pelatih tertua di NBA. Setelah musim 2020-2021 berakhir, usianya 71 tahun, 10 bulan dan 30 hari. Coach Pop sudah 25 musim berkarir sebagai pelatih NBA. Musim depan bakal jadi musim ke-26 baginya, dan menjadi pelatih terlama di NBA. Sementara di urutan kedua ada Hubie Brown yang mengakhiri karir sebagai pelatih NBA di usia 71 tahun, 1 bulan, dan 8 hari pada musim 2004-2005. Menurut catatan NBA, mereka berdua adalah pelatih tertua dalam sejarah liga. Karena sampai sekarang belum ada lagi pelatih yang menangani tim sampai usia lebih dari 70 tahun.

Untuk masa jabatan, Coach Pop juga menduduki peringkat teratas. Dia telah menjadi pelatih Spurs sejak Desember 1996. Catatan tersebut membuatnya jadi pelatih terlama di NBA selama lebih dari satu dekade. Sementara di tempat kedua ada Erik Spoelstra yang menangani Miami Heat sejak April 2008. Sebagai pelatih, Coach Pop sudah lima kali mengantarkan timnya jadi juara liga (1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014). Dia juga terpilih sebagai Coach of The Year tahun 2003, 2012, dan 2014. Serta menjadi pelatih NBA All-Star empat kali (2005, 2011, 2013, dan 2016). (tor)

Foto: Associated Press

Komentar