IBL

Kehadiran tim basket putri Fulaninha, mewakili tren meningkatnya penggemar basket di Brasil.

SEPAK BOLA sudah menjadi semacam “agama” bagi mayoritas warga Brasil. Di sana bermain dan menonton sepak bola bahkan mungkin seperti rutinitas menjalani ibadah. 

Tapi, beberapa tahun terakhir ada fenomena yang menarik. Liga basket termasyur NBA, coba mendampingi “agama sepak bola” di Brasil. Popularits NBA di Brasil makin meningkat. Bahkan Brasil kini menjadi pasar prioritas NBA kedua di luar Amerika Serikat. Urutan prioritas pertamanya ditempati Tiongkok.

Data yang dikumpulkan oleh IBOPE Repucom menunjukkan peningkatan popularitas NBA itu. Pada kuartal pertama 2021, NBA memiliki 45 juta penggemar di Brasil. Angka itu meningkat 31 persen dari angka yang dilaporkan pada awal 2019.

Rodrigo Vicentini, perwakilan NBA di Brasil, mengatakan negeri Samba itu telah menjadi "pasar prioritas kedua NBA" di luar negeri setelah Tiongkok. “Brasil sangat penting, dan sangat strategis untuk NBA dan pengembangan olahraga basket," kata Vicentini seperti dikutip dari AFP. "Kami akan mencoba terus berkembang di sini, di samping agama sepak bola."

Menurut Vicentini, bintang sepak bola seperti Neymar dari Brasil atau Lionel Messi dari Argentina termasuk aktor yang banyak membantu popularitas baske dan NBA di Brasil. Mereka kerap mengenakan apparel basket dalam sejumlah kesempatan.

Menariknya, penggemar NBA di Brasil antara laki-laki dan perempuan hampir sama jumlahnya. Hampir 45 persen penggemar NBA di Brasil merupakan perempuan. “Tapi para penggemar perempuan di sini cenderung lebih terlibat daripada penggemar pria. Mereka mengikuti dengan baik pengetahuan terkait permainan dan aturan, kata Vicentini.

Vicentini menganggap hal itu perlu mendapat perhatian. “Secara tradisional, penonton dan penggemar utama adalah laki-laki," katanya tanpa bisa menjelaskan mengapa fenomena di Brasil itu bisa terjadi.

Salah seorang penggemar NBA bernama Emiliana Ramos mengaku pertama kali jatuh cinta dengan NBA pada 1990-an. Saat itu di masa kejayaannya, legenda Chicago Bulls Michael Jordan dan Scottie Pippen, pernah bermain di laga eksibisi di Brasil.

"NBA di sini diperlakukan seperti pertunjukan, mendapat perhatian lebih karena ini lebih dari sekadar permainan. Ada banyak sisi pemasarannya. Sama seperti sepak bola di Brasil," kata Ramos kepada AFP.

NBA sendiri secara resmi datang ke Brasil pada 2004. Tujuan membangun basis penggemar di negara berpenduduk 213 juta orang itu. Sejak itu, pertandingan persahabatan telah diselenggarakan antara kedua tim. Toko apparel basket dan akademi baket juga telah dibuka. Kesepakatan kerjasama juga telah dicapai dengan liga basket pria Brasil. Selain itu pertandingan NBA juga lebih banyak disiarkan di Brasil.

Sejak NBA berdiri, ada lebih selusin orang Brasil yang bermain liga basket itu. Namun tak satu pun dari mereka yang menjadi bintang. Saat ini ada satu pemain Brasil yang bermain di NBA. Ia adalah Didi Louzada. Pemain dengan nama lengkap Marcos Henrique Louzada Silva itu bermain untuk New Orleans Pelicans.(gun)

Komentar