IBL

Bulan Oktober tahun lalu, J.R. Smith merayakan cincin juara keduanya di NBA bersama Los Angeles Lakers. Tahun ini, Smith berada di padang rumput untuk mengikuti kompetisi golf tingkat mahasiswa. Smith bermain di turnamen golf perguruan tinggi pertamanya dengan North Carolina A&T di Elon's Phoenix Invitational pada hari Senin, waktu Amerika Serikat.

Smith telah menghabiskan 16 tahun bermain di NBA, menghasilkan jutaan dan memenangkan dua cincin juara. Tapi ketika berada di padang rumput berhadapan dengan bola kecil, ternyata dia gugup juga.

"Saya gugup. Saya tidak benar-benar tahu apa yang diharapkan," kata Smith, yang mencetak 12-over-par 83 di Putaran 1 dan kemudian 7-over 78 di Putaran 2.

Ini merupakan pengalaman yang terlewatkan di bangku kuliah untuk Smith. Karena awalnya berniat menyelesaikan kuliah di Universitas North Carolina. Namun karena kemampuannya bermain basket, dia terpilih di putaran pertama pada NBA Draft 2004.

"Saya cukup senang dengan dia," kata pelatih golfnya, Richard Watkins, dikutip dari AP News. "Dia membuat beberapa kesalahan, melakukan beberapa hal yang akan Anda lakukan jika Anda tidak terbiasa berkompetisi. Hanya pergi keluar dan bermain golf rekreasi dengan teman-teman Anda jauh berbeda dari kompetisi."

Kecemasan tampak di wajah Smith ketika satu pukulan tee mengenai pohon dan mendarat di fairway, Smith dengan cepat berdalih dan menyebutnya pukulan bank. Dia berteriak “bip, bip” saat golf-car yang dikendarai oleh pegolf Temple Joey Morganti melewati para penonton. Itu membuat penonton terhibur.

Smith mengatakan dia hanya ingin menjadi pesaing lain di turnamen, meskipun dia memahami bahwa perhatian tidak tertuju pada permainan. Sorotan kamera mengarah pada tingkah lakunya.

"Lebih dari segalanya, saya ingin bersaing sebagai salah satu dari pesrta. Sekali lagi, saya siap untuk bertanding dan bersenang-senang. Tapi saya tidak suka kalah," kelakarnya.

Setelah menjadi juara bersama Lakers, Smith yang berstatus "free agent" tidak mendapatkan tawaran di bursa transfer tahun ini. Namun dia tidak mencoba pergi ke negara lain, seperti yang pernah dilakukannya tahun 2011. Saat itu Smith menyeberang ke CBA membela Zhejiang Golden Bulls selama satu musim kompetisi. (tor)

Foto: New York Post

Komentar