IBL

Seiring dengan kembali berjalannya Honda DBL 2021 di DKI Jakarta, animo untuk kembali menggelar laga basket pun semakin meningkat. Utamanya di daerah-daerah yang sudah ditetapkan pemerintah dalam level rendah PPKM.

Surabaya misalnya, geliat pertandingan basket dalam tajuk uji coba atau persahabatan mulai kembali meningkat. Tak tanggung-tanggung, bahkan tim asal luar kota dan provinsi pun merapat ke Surabaya demi kembali berlaga, contohnya adalah tim Porda Cirebon.

Tim putra dan putri Cirebon merapat ke Surabaya dan melakoni rangkaian uji coba dari 8-10 Oktober 2021. Rangkaian ini adalah bentuk kerja sama antara tim Porda Cirebon yang difasilitasi oleh Pengurus Kota (Pengkot) Perbasi Surabaya. Porda Cirebon menghadapi sederet tim lokal Surabaya seperti Mahameru, The Lion, Familia, hingga Pacific Caesar.

"Awalnya kami juga tidak tahu bahwa Porda Cirebon punya rencana ke sini. Namun, setelah mereka menghubungi kami, kami langsung beri sambutan hangat untuk semuanya," buka Evi Ekawati, Ketua Umum Pengkot Perbasi Surabaya mengenai rangkaian ini.

"Setelah koordinasi, ya kami siapkan rumah basket untuk mereka tinggal selama di sini. Rumah basket sendiri adalah fasilitas rumah untuk menginap dari saya sekaligus Pengkot Perbasi Surabaya untuk membantu rekan-rekan yang ingin berlatih di sini. Ini tidak kami khususkan untuk masyarakat Jawa Timur semata, ini untuk semua insan basket yang memang butuh tempat selama di Surabaya," imbuhnya.

Pemimpin rombongan Porda Cirebon, Njoo Lie Wen pun mengaku cukup terbantu atas kehangatan dari Pengkot Perbasi Surabaya. "Kami sangat terbantu dengan disediakannya rumah basket selama di sini. Kami membawa hampir 30 pemain putra dan putri menggunakan bus untuk rangkaian ini. Surabaya sendiri kami pilih sebagai tempat berlatih karena banyaknya talenta bagus di sini. Saya harap, dengan waktu Porda yang masih satu tahun lagi, kami bisa mulai membentuk kerangka tim dari hasil uji coba di sini."

Tak sekadar hubungan antar kota, Evi yang juga menjabat sebagai pengurus Badan Timnas Junior PP Perbasi berharap kerja sama antara Surabaya dan Cirebon ini bisa menjadi langkah awal untuk mencari bibit-bibit pemain timnas muda Indonesia.

"Surabaya ini diyakini banyak pihak adalah salah satu kota dengan bibit-bibit pemain muda yang apik. Saya berharap, latih tanding ini bisa semakin membuat kita melihat banyak talenta dan terus memperbaiki kemampuan masing-masing. Ya semoga ini bisa menjadi langkah awal untuk membentuk timnas muda Indonesia," tutupnya.

Foto: Dokumentasi pribadi

Komentar