IBL

Vaksinasi masih menjadi topik besar jelang dimulainya musim 2021-2022. Polemik mengenai pemain yang menolak vaksinasi berujung pada terbelahnya kubu antara pro dan kontra yang berujung pada bola panas komentar dari berbagai macam pihak.

Namun, NBA tetap tegas dengan aturan mereka. NBA taat kepada pemerintah lokal tempat tim bernaung dalam mengatasi perkara vaksinasi ini. Jika pemerintah lokal mengharuskan vaksinasi dan pemain tidak melakukannya, maka pemain tersebut harus absen dari gim kandang mereka.

Dua kota yang memiliki aturan khusus mengenai ini adalah New York dan San Francisco. New York mewajibkan setiap warga untuk setidaknya menerima dosis pertama vaksin saat melakukan aktivitas di dalam ruangan. Sedangkan San Francisco mewajibkan warganya untuk melengkapi dua suntikan dosis vaksin untuk melakukan hal yang sama.

Melihat hal ini, NBA dan NBPA (federasi pemain NBA) akhirnya duduk bersama dan menemukan kata sepakat. Kedua pihak setuju untuk memberi denda sebesar 1/91,6 dari gaji pemain di setiap gim kandang yang ia absen karena tidak melakukan vaksinasi. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Aturan ini berlaku untuk laga pramusim, musim reguler, dan playoff. Pun begitu, tim tidak akan mendapatkan pengurangan ruang gaji dengan pemberian denda ini alias gaji pemain masih dihitung sama 100 persen secara administratif.

Satu nama bintang NBA yang diyakini belum melakukan vaksinasi sampai sekarang adalah Kyrie Irving. Jika dilakukan perhitungan, maka Kyrie akan kehilangan sekitar AS$380 ribu di tiap gim yang ia lewatkan jika tetap tak melakukan vaksinasi. Untuk musim reguler, jika ia bertahan tak melakukan vaksin, maka ia akan kehilangan lebih AS$15 juta.

Kyrie sendiri ikut pemusatan latihan Nets yang digelar di San Diego, California. Ia bahkan hadir di laga pramusim perdana Nets melawan Los Angeles Lakers di Staples Center. Dua kota ini tak memberi peraturan wajib vaksinasi.

Pembuktian utama apakah Kyrie sudah vaksin atau belum akan dilihat pada Selasa, 5 Oktober 2021, waktu setempat. Nets dijadwalkan berlatih di Brooklyn. Jika hadir, maka semua teka-teki Kyrie terpecahkan. Sebaliknya, jika absen, berapa lama Kyrie akan menepi akan menjadi pertanyaan besar sebelum musim ini dimulai. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar