IBL

Tim basket putra Jawa Timur masih menjaga asa mereka lolos ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ini setelah Jatim menang 73-52 atas Kep. Bangka Belitung, Senin malam, di Mimika Sports Complex. Jatim masih punya satu pertandingan lagi melawan Bali. Sementara peluang Babel lolos playoff sudah tertutup dengan tiga kekalahan beruntun.

Tiga starter Jatim tampil gemilang di laga tersebut. Ikram Fadhil mengoleksi 14 poin dan 13 rebound. Andreas Marcellino Bonfilio menambahkan 13 poin. Sementara poin terbanyak untuk tim Jatim dicetak oleh Dio Tirta Saputra. Ini menjadi kemenangan kedua Jatim dari tiga pertandingan yang sudah dijalani. Mereka menyisakan satu pertandingan lagi melawan Bali, yang akan berlangsung Rabu, 6 Oktober 2021.

"Soal peluang, kami masih yakin bisa lolos ke semifinal. Kami harus memenangkan pertandingan terakhir melawan Bali," kata pelatih Jatim, Kencana Wukir, ketika ditanya tentang peluang semifinal. 

Jatim lebih produktif dari Babel dalam empat kuarter. Bahkan Jatim bisa menahan strategi full court press yang diterapkan Babel di menit-menit akhir. Jatim unggul di paint area dengan memasukkan 46 poin dari area tersebut, dan mengumpulkan 55 rebound. Namun yang menjadi masalah tetap di turnover. Karena Jatim membuat 25 turnover di laga ini. Dalam tiga pertandingan, Jatim sudah dua kali melakukan 20+ turnover.

Sebaliknya, Babel sudah tiga kali kalah di babak penyisihan. Peluang mereka lolos ke semifinal sudah tertutup. Karena di Grup B, ada Bali dan Sulawesi Utara yang belum pernah kalah dalam dua pertandingan.

Sebelum menyerah dari Jatim, Babel kalah 91-92 dari Sulawesi Utara di pertandingan pertama. Kemudian tim asuhan Efri Meldi tersebut kalah 58-74 dari Bali. Meski diperkuat pemain-pemain yang pernah tampil di IBL, ternyata Babel tidak sesuai harapan.

Pertandingan hari Selasa, 6 Oktober nanti, bakal menjadi penentuan di Grup B. Bali akan berhadapan dengan Sulawesi Utara. Sementara Bangka Belitung dijadwalkan bertanding melawan Papua. Tuan rumah juga belum pernah menang dalam dua laga yang sudah dilakoni. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar