IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat masih dalam pencarian kepala pelatih baru. Manajer tim, Grant Hill, sempat berujar pada Agustus lalu bahwa kepala pelatih baru Amerika Serikat akan diumumkan sebelum musim NBA 2021-2022 dimulai, yang mana hanya kurang beberapa minggu lagi.

Semenjak mundurnya Gregg Popovich setelah mengantarkan Amerika Serikat meraih medali emas di Olimpiade 2020 Tokyo lalu, beberapa nama memang sudah muncul ke permukaan untuk menjadi suksesornya. Mayoritas nama yang masuk ke bursa calon pelatih adalah asisten Popovich di timnas dan nama-nama veteran di NBA. Kabar ini dirilis oleh The Undefeated.

Jay Wright jadi satu-satunya kandidat yang tidak datang dari NBA. Wright adalah pelatih Villanova di NCAA. Lalu ada juga nama Lloyd Pierce, mantan Kepala Pelatih Atlanta Hawks yang kini berstatus asisten pelatih Indiana Pacers. Terakhir dan paling santer dikabarkan akan mengisi posisi ini adalah Steve Kerr, yang juga pelatih Golden State Warriors.

Kapasitas Kerr tak perlu dipertanyakan lagi. Tiga gelar juara dalam lima kali beruntun ke final yang diraih Warriors adalah bukti nyata ia mampu meracik tim dengan tepat. Warriors juga ia bawa menjadi tim dengan rekor kemenangan terbaik di NBA sepanjang sejarah dengan catatan 73-9 pada 2016.

Kerr sendiri tak menampik dirinya tertarik untuk mengisi posisi kepala pelatih Amerika Serikat. "Jelas saya tertarik, siapa yang tidak?," buka Kerr dalam wawancara dengan The Athletic Agustus lalu. "Saya tidak paham betul bagaimana proses pencarian pelatih baru ini, apalagi kandidatnya cukup banyak. Melihat nama saya menjadi salah satu kandidat saja merupakan sebuah kebanggaan tersendiri," imbuhnya.

Di belakang Kerr, nama Erik Spoelstra juga dikabarkan cukup berada di barisan teratas daftar ini. Namun, faktor minimnya pengalaman Erik di level timnas membuatnya mungkin tak langsung mendapatkan peran sebagai kepala pelatih. Erik sendiri baru sekali masuk program timnas Amerika Serikat. Itupun ia bertindak sebagai pelatih untuk Select Team, lawan berlatih tim utama Amerika Serikat jelang Olimpiade lalu.

Selain nama-nama di atas, beberapa konsiderasi lainnya adakah Doc Rivers (Sixers), Nate McMillan (Hawks), Monty Williams (Suns), dan Tom Thibodeau (Knicks). Jeff Van Gundy juga mungkin menjadi opsi. Meski tak melatih tim manapun, Jeff adalah pelatih timnas Amerika Serikat untuk deretan laga kualifikasi. Ia biasanya turun dengan skuat pemain G League atau pemain Amerika Serikat di luar NBA.

Grant Hill masih punya waktu sebelum menjatuhkan pilihan. Namun, ini bukan pilihan sembarangan. Setiap kali Amerika Serikat turun di turnamen internasional, taruhan mereka adalah sejarah panjang nama besar. Ekspektasi tidak pernah lebih rendah dari menjadi juara atau meraih medali emas.

Rentetan kekalahan yang terjadi kepada mereka di beberapa waktu ke belakang adalah sebuah pertanda bahwa basket internasional semakin berkembang dan Amerika Serikat tak bisa terlena atas prestasi masa lampau mereka. (DRMK)

Foto: USA Basketball

Komentar