IBL

NBA musim 2021-2022 bakal menjadi musim yang istimewa. Ini akan menandai 75 tahun perjalanan liga basket terbaik di dunia. Sebelum semua keseruan musim baru dimulai, beberapa media sudah mulai jajak pendapat tentang penghargaan individu. Salah satunya ESPN yang mencoba menebak siapa pemain terbaik (MVP) musim depan. Muncul nama Kevin Durant di urutan pertama, dan LeBron James yang turun di nomor tujuh.

Bintang Brooklyn Nets, Kevin Durant menduduki peringkat pertama sebagai calon MVP NBA 2021-2022, menurut jajak pendapat yang dilakukan ESPN. KD mendapatkan 45 poin dari total suara yang dikumpulkan media tersebut. Di urutan kedua, ada Giannis Antetokounmpo yang menjadi juara NBA 2021 bersama Milwaukee Bucks. Pemain asal Yunani ini mendapatkan 38 poin. Sementara di tempat ketiga ada Luka Doncic dari Dallas Mavericks yang memperoleh 35 poin.

Anehnya, justru bintang Los Angeles Lakers, LeBron James bahkan tidak masuk lima besar. LeBron terlempar di urutan ketujuh dengan hanya mendapatkan tujuh poin saja. Jelas ini jadi pukulan besar buat LeBron dan penggemar Lakers. Karena mereka jadi salah satu favorit juara musim depan. Tapi penurunan performa LeBron musim lalu yang berpengaruh pada hasil jajak pendapat tersebut.

Menurut ESPN, LeBron memang punya catatan statistik yang mengagumkan di NBA musim 2020-2021. Dia mencetak rata-rata 25 poin, 8 rebound, dan 8 asis per gim. Namun banyak yang berpendapat bahwa LeBron tidak akan seganas sebelumnya, khususnya saat memasuki usia 37 tahun. Musim lalu saja, LeBron absen 27 pertandingan. Itu semua karena cedera pergelangan kaki yang dideritanya.

Faktor lainnya yang menjadikan LeBron bukan favorit MVP musim depan adalah roster Lakers. Banyak pemain hebat yang ada di sana seperti Russell Westbrook. Itu bakal menurunkan waktu bermain dan peran LeBron dalam tim. LeBron tidak perlu lagi menguasai bola terlalu lama. Jadi LeBron sekarang harus memilih, mau jadi juara liga untuk kelima kali, atau dirinya sendiri yang mengejar gelar pemain terbaik.

Sebaliknya, KD dan Giannis, yang diprediksi bakal terlibat persaingan MVP. KD akan memainkan peran lebih besar, khususnya demi mengejar target juara bersama Nets. Sementara Giannis, masih punya ambisi besar untuk memenangkan gelar juara liga, beserta gelar-gelar individu yang prestisius. (tor)

Foto: InsideSports

 

Komentar