IBL

Pemain basket Spanyol Pau Gasol memenangkan pemilihan anggota IOC, di Tokyo Games. Ini artiknya, Pau akan bergabung dengan tokoh-tokoh olahraga dan mewakili atlet selama tujuh tahun ke depan di Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Saya mengucapkan selamat kepada Pau Gasol. Suatu kebanggaan bagi insan basket dunia bisa menempatkan atletnya menjadi anggota IOC," kata Erick Thohir, anggota IOC dari Indonesia yang juga merupakan anggota central board FIBA.

Gasol adalah salah satu dari 30 kandidat yang bersaing dalam pemilihan yang berlangsung saat Olimpiade Tokyo. Dia mendapat 1.888 dari lebih dari 6.800 suara yang diberikan oleh atlet untuk empat kursi IOC yang kosong. Jajak pendapat ditutup Selasa lalu.

Rapat IOC pada hari Rabu, 4 Agustus lalu, juga dihadiri Erick Thohir. Sebagai tugas utamanya, para anggota IOC ini memiliki wewenang besar untuk penyelenggaraan Olimpiade, seperti memilih kota tuan.

Masa jabatan tujuh tahun Gasol akan berlangsung hingga Olimpiade 2028 di Los Angeles, di mana ia memenangkan dua gelar NBA bersama Lakers. Anggota baru lainnya adalah pesepeda Maja Martyna Wloszczowska dari Polandia, perenang Italia Federica Pellegrini dan Yuki Ota dari Jepang, dari olahraga anggar. (*)

Sumber: rilis IBL Indonesia

 

Komentar