IBL

Australia akan berjumpa Amerika Serikat pada semifinal basket putra Olimpiade 2020 Tokyo. Ini setelah mereka menang 97-59 atas Argentina, di Saitama Super Arena, Selasa malam. Australia menang dengan keseimbangan tim yang bagus.

Semua pemain dalam roster Australia menyumbang poin. Dipimpin oleh Patty Mills dengan catatan 18 poin, lalu diikuti Matisse Thybulle (12 poin), Jock Landale (12 poin), Joe Ingles (11 poin), dan Nick Kay (10 poin). Sebaliknya di kubu Argentina, ada Nicolas Laprovittola yang mencetak poin terbanyak dengan torehan 16 poin. Gabriel Deck menambahkan 12 poin.

Australia membuat keseimbangan tim yang bagus. Lini kedua menyumbangkan 43 poin di laga ini. Mereka membuat 33 asis dalam satu pertandingan. Sejauh perjalanan Olimpiade ini, jumlah asis tersebut menjadi catatan terbanyak kedua dalam satu pertandingan. Peringkat pertama ditempati Amerika Serikat dengan 34 asis dalam satu laga. Australia juga menempati peringkat ketiga untuk tripoin terbanyak selama gelaran Olimpiade Tokyo. Saat mengalahkan Argentina, Australia mencetak 17 tripoin dari 38 percobaan (44,7 persen). Peringkat pertama dan kedua ditempati Amerika Serikat dengan catatan 20 dan 19 tripoin dalam satu pertandingan.

Kini dua tim dengan rekor-rekor di atas akan bertemu. Australia dijadwalkan berhadapan dengan Amerika Serikat pada 5 Agustus 2021. Sebelumnya, Australia pernah mengalahkan Amerika Serikat pada laga uji coba jelang Olimpiade Tokyo. Mereka berniat melakukannya lagi.

"Pesan saya kepada seluruh anggota tim, bahwa kita belum melakukan apa-apa. Bagi kami, untuk menjadi yang terbaik, maka kami harus mengalahkan yang terbaik. Kami punya peluang untuk itu sekarang. Kami sudah siapkan itu sejak lama," ujar Patty Mills, yang tak ingin hanya tertahan di peringkat empat besar saja.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Olimpiade, Australia khususnya tim putra belum pernah mendapatkan medali. Hanya tim putri Australia saja yang pernah meraih 3 medali perak dan 2 medali perunggu. Oleh sebab itu, tim putra Australia berniat mematahkan rekor tersebut tahun ini. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar