IBL

Timnas Nigeria mengalahkan timnas Amerika Serikat 90-87 dalam pertandingan uji coba pertama mereka jelang Olimpiade Tokyo, di Las Vegas, Sabtu malam, waktu setempat. Hasil ini menjadi kekalahan pertama timnas Amerika Serikat dari negara di benua Afrika. 

Nigeria mengonversi 22 tripoin di laga tersebut. Ini merupakan kekalahan pertama Amerika Serikat atas negara di benua Afrika. Gabe Nnamdi, yang menggantikan Gabe Vincent saat bermain di Miami Heat, memimpin Nigeria dengan 21 poin. Caleb Agada mencetak 17 poin, Ike Nwamu menambahkan 13 poin.

Kevin Durant, yang sebelumnya tidak pernah kalah untuk timnas USA dalam 39 pertandingan internasional senior, mengumpulkan 17 poin. Jayson Tatum menambahkan 15, Damian Lillard menambahkan 14 dan Bam Adebayo 11. Hasil ini jelas bukan yang diharapkan oleh timnas USA sebelum mereka berangkat ke Tokyo.

"Tim Nigeria bermain mengandalkan fisik. Mereka memanfaatkan itu dengan baik, dan mencetak banyak sekali tripoin. Saya beri mereka kredit untuk itu," kata kepala pelatih USA, Gregg Popovich.

Nigeria mampu membuat kejutan di uji coba ini bermodalkan pemain-pemain yang kurang dikenal. Meski kenyataannya, pemain-pemain tersebut juga ada yang tampil di NBA dan G-League.

Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Nigeria pernah kalah 83 poin di Olimpiade London 2012. Kemudian pada uji coba sebelum Olimpiade Rio 2016, Nigeria juga kalah dengan margin 44 poin. Justru hal sebaliknya terjadi tahun ini, Nigeria mampu mengalahkan Amerika Serikat.

Setelah pertandingan usai, Coach Pop, langsung menghampiri Mike Brown, kepala pelatih timnas Nigeria yang juga asisten Steve Kerr di Golden State Warriors. Gregg Popovich memuji kerja keras Brown dalam membangun kekuatan basket Nigeria. (tor)

Foto: USA Today

Komentar