IBL

Lini busana asal New York, KITH, melepas paket busana berjumlahnya 100-an jenis. Ini dilakukan untuk menyambut masa baru di Amerika Serikat setelah pembatasan mulai diberi kelonggaran. Meramaikan perilisan tersebut adalah proyek kolaborasi mereka dengan Adidas. Menampilkan enam siluet paling legendaris dari merek asal Jerman tersebut.

Ronnie Fieg selaku pemilik KITH ingin menampilkan kembali edisi-edisi yang bisa dianggap jadi produk terlaris Adidas. Di antaranya Superstar, Pro-Model, Samba OG, Campus 80’s, Gazelle, dan Country. Sepatu-sepatu tersebut merupakan enam edisi lawas yang terus diproduksi sampai sekarang.

Produk-produk itu berasal dari sejumlah cabang olahraga. Superstar, Pro-Model, dan Campus 80’s merupakan sepatu basket lawas. Gazelle dan Samba OG berakar dari kultur sepakbola dan hooligan dari Eropa. Sedangkan Country merupakan sepatu lari era tren jogging sedang naik daun pada tahun 1970-an.

Konsep minimalisme dituangkan. Kita tidak akan menemukan perubahan signifikan. Bahkan semua bahan pembuatannya sama. Bagian atas tetap menggunakan bahan utama kulit dengan campuran suede babi di sejumlah panel. Solnya menerapkan sol karet yang sama persis dengan versi standar.

Warna putih bersih jadi pilihan. Panel tiga garis pada sisi samping diberi sentuhan abu-abu. Superstar, Campus 80’s, dan Samba OG menampilkan panel tumit berwarna hijau seperti yang biasa kita lihat pada Stan Smith. Sedangkan Pro-Model, Country, dan Gazelle menggunakan warna biru navy pada bagian tersebut.

Perbedaan utama terdapat pada bagian samping. Tepatnya berada di bawah tumit tempat Adidas biasa menyematkan nama siluet. Khusus untuk proyek ini, tersemat tulisan “KITH Classics” berwarna emas. Sementara kotaknya pun berbeda dari Adidas biasa agar terasa lebih spesial.

Yang unik dari kesemuanya adalah KITH menyematkan tahun pertama kali Adidas merilis siluet tersebut. Data itu tersemat di dalam sol, tepat di bawah tumit. Dimulai dengan Campus 80’s yang dilepas pertama kali pada 1983. Kemudian Samba OG tercatat diperkenalkan pada 1973. Superstar pada 1970. Gazelle disebutkan pada 1966. Dilanjutkan dengan Pro Model pada 1970. Serta Country pada 1973.

Setiap edisi dijual seharga AS$100 atau setara Rp1,5 juta. Kecuali Pro-Model sebagai satu-satunya yang berpotongan tinggi yang dibanderol AS$110 atau sekira Rp1,6 juta. Harga itu belum termasuk ongkos kirim dari Amerika Serikat dan pajak. Pembelian hanya bisa dilakukan melalui situs transaksi KITH. (ajb)

 

KITH x adidas Originals Campus 80's

 

KITH x adidas Originals Country

 

KITH x adidas Originals Gazelle

 

KITH x adidas Originals Pro Model

 

KITH x adidas Originals Samba OG

 

KITH x adidas Originals Superstar

Sumber Foto: KITH

Komentar