IBL

Ada 7.825 penonton yang diizinkan masuk ke Staples Center untuk menyaksikan laga playoff pertama Los Angeles Lakers sejak 27 April 2013. Kehadiran penonton mampu membakar semangat para pemain Lakers, sehingga mereka bisa 109-95 atas Phoenix Suns, serta unggul 2-1 dalam seri best-of-seven ini.

Penonton yang kebanyakan pendukung Lakers memberi dampak nyata di permainan. Mereka berdiri dan bersorak setiap pemain Lakers mencetak poin, meneriaki Jae Crowder untuk mengganggu konsentrasinya, sampai ikut protes kalau wasit memberikan keputusan yang merugikan tuan rumah. Namun yang paling penting, di babak kedua, mereka membakar semangat LeBron James dan kawan-kawan untuk bisa memetik kemenangan.

Di babak pertama, pertandingan tampak kurang menarik. Bahkan kalau digabungkan, perolehan poin kedua tim di babak pertama hanya 83 poin. Lakers unggul 43-40 atas Suns. Ada lebih dari 20 turnover yang dibuat kedua tim, dan hanya tujuh tripoin saja yang dicetak, baik oleh Lakers dan Suns.

Tetapi suasana berubah panas di babak kedua. Anthony Davis menggila, dan mengakhiri laga dengan catatan 34 poin. LeBron James juga ikut andil dalam menarik keunggulan Lakers di babak kedua. Juara NBA empat kali tersebut mencetak 21 poin, 6 rebound, dan 9 asis. Mereka berdua memberikan keunggulan Lakers di paint area (58-36), ketika akurasi tembakan jarak jauh kurang bagus.

Di sisi sebaliknya, Devin Booker gagal menampilkan permainan terbaik. Dia hanya mencetak 19 poin, dengan akurasi tembakan 6/19. Padahal di dua gim awal seri ini, Booker bisa mencetak lebih dari 25 poin setiap pertandingan. Sementara Chris Paul harus berurusan dengan cedera bahu kanan, dan hanya tampil 27 menit di laga ini.

Suns memang tampil luar biasa di musim reguler. Tapi Lakers punya pemain dengan pengalaman yang lebih banyak di babak playoff. Selanjutnya, gim keempat akan berlangsung akhir pekan ini di Staples Center. (tor)

Foto: CBS Sports

Komentar