IBL

Penggemar NBA tidak menyadari keberadaan Tony Snell di liga, pun bagi penggemar Atlanta Hawks. Sorotan media lebih fokus pada Trae Young atau performa Clint Capela. Namun setelah musim reguler 2020-2021 berakhir, nama Tony Snell tiba-tiba jadi perbincangan hangat. Ini karena Snell berhasil membuat rekor langka dalam sejarah NBA.

Liga musim ini benar-benar berbeda. Pemain menggila karena jumlah pertandingan dipotong jadi 72 gim. Jadi para pemain mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya untuk mengejar catatan statistik untuk menyamai pencapaian pemain dengan jumlah pertandingan normal (82 gim). Sebelum Snell jadi bahan perbincangan, ada Kyrie Irving yang menjadi pemain kesembilan yang mencetak statistik 50/40/90. Irving mencatatkan akurasi tembakan keseluruhan 50,6 persen, tripoin 40,2 persen, dan tembakan gratis 92,2 persen.

Tapi tiba-tiba Snell muncul setelah Statmuse mengunggah catatannya musim ini. Snell mencetak 50/50/100 musim ini dengan percobaan minimal 100 tembakan. Snell bersama Hawks mencatatkan akurasi keseluruhan 50,9 persen, tripoin 56,7 persen, dan tembakan gratis 100 persen. Sampai sekarang tidak ada pemain yang bisa mencapai catatan statistik seperti itu, bahkan seorang Larry Bird, Dirk Nowitzki, hingga Stephen Curry. Snell sendiri tercatat pernah mencetak 53,6 persen tripoin saat latihan, mengalahkan rekor milik Kyle Korver.

Rekor Tony Snell ini jadi perdebatan, mengingat percobaan yang dilakukan tidak sebanyak para pemain bintang. Sebut saja Stephen Curry. Bintang Golden State Warriors itu melakukan percobaan tripoin sebanyak 779 kali. Sementara Snell hanya 109 tembakan tripoin di musim 2020-2021. Jadi para analis berpendapat bahwa Snell lebih mudah untuk menjaga konsistensi akurasi tembakannya.

Sebaliknya, ada yang berpendapat bahwa rekor itu sangat hebat, mengingat kesempatan bermain Snell tidak sebanyak para pemain bintang. Snell bisa membuat catatan statistik tersebut hanya dalam 46 pertandingan, dengan rata-rata penampilan selama 21 menit per gim. Snell juga dianggap pemain yang improve musim ini, karena sebelumnya di Chicago Bulls dan Milwaukee Bucks, akurasi tembakannya hanya di kisaran 40 persen.

Sementara itu, sinar kebintangan Snell tidak secerah Trae Young, John Collins, dan Clint Capela. Namun kehadirannya bisa jadi pendukung yang sempurna bagi Hawks saat berhadapan dengan New York Knicks, di Playoff NBA 2021 putaran pertama. (tor)

Foto: Soaring Down South

Komentar