IBL

Di tengah persaingan ketat yang melibatkan Dallas Mavericks, Portland Trail Blazers dan Los Angeles Lakers, justru Luka Doncic mampu menyelipkan prestasi gemilang dalam kariernya. Doncic menjadi pemain yang mencapai 5.000 poin lebih cepat ketimbang LeBron James.

Mavericks menang 110-90 atas Cleveland Cavaliers pada Jumat malam, waktu setempat. Luka mencetak 24 poin, 8 rebound, dan 1 asis. Secara tim, kemenangan tersebut sangat penting bagi Mavericks untuk mengamankan posisi kelima di klasemen Wilayah Barat. Kini mereka mencetak rekor 39-28. Namun di samping itu, pemain asal Slovenia tersebut mencatatkan rekor baru dalam kariernya.

Luka sudah melewati 5.000 poin di NBA. Sebuah langkah yang penting, terutama untuk menunjukkan bahwa dirinya layak disebut bintang masa depan. Bahkan Luka mencetak 5.000 poin lebih cepat ketimbang LeBron James. Dia butuh 194 pertandingan, sedangkan LeBron sampai di titik 5.000 poin setelah 197 pertandingan. Belakangan baru diketahui kalau Luka memang benar-benar pemain tercepat di NBA yang sampai di titik tersebut.

Namun kalau termuda, Luka ternyata kalah dengan tiga pemain lainnya. Menurut catatan, LeBron James masih jadi pemain termuda yang mencapai 5.000 poin, dalam usia 21 tahun 22 hari. Disusul Kevin Durant (21 tahun, 133 hari), dan Carmelo Anthony (21 tahun, 292 hari). Sedangkan Luka sekarang usianya 22 tahun, 68 hari.

Sebuah catatan prestasi individu memang penting bagi seorang pemain. Tetapi di saat-saat genting seperti sekarang, kemenangan tim lebih dibutuhkan. Luka menjadi andalan Mavericks agar mereka tetap berada di zona playoff sampai akhir musim reguler. (tor)

Foto: cbs sports

Komentar