IBL

Pemain NBA dengan status "free agent" lebih mudah pindah ke tim yang disukai. Tampaknya itu yang akan terjadi pada pemain New Orleans Pelicans, Lonzo Ball. Kalau musim ini masih gagal melaju ke playoff, Lonzo sudah membocorkan pilihan masa depannya. Dia memilih untuk pindah ke tim yang ada di Wilayah Timur. Sejak menginjakkan kaki di NBA tahun 2017, Lonzo selalu berada di Wilayah Barat.

Bukan rahasia lagi, kalau persaingan NBA di Wilayah Barat sangat ketat. Bahkan beberapa tim terbaik di NBA sekarang berkumpul di Barat seperti Utah Jazz, Phoenix Suns, Denver Nuggets, LA Clippers, Dallas Mavericks, Portland Trail Blazers, hingga Golden State Warriors. Bintang-bintang NBA juga ada di sana. Sebut saja Nikola Jokic, Chris Paul dan Devin Booker, Kawhi Leonard dan Paul George, LeBron James dan Anthony Davis, Damian Lillard, dan Stephen Curry.

Melihat peta persaingan itu saja, sudah cukup mengerikan bagi tim Pelicans. Padahal mereka memiliki Zion Williamson dan Brandon Ingram yang sedang dalam performa yang bagus. Tapi, Lonzo Ball melihat itu tidak cukup kuat untuk membawanya tampil di babak playoff. Pelicans saat ini berada di peringkat ke-11 klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 30-36. Mereka masih punya harapan untuk tampil di turnamen play-in, karena hanya terpaut satu kemenangan dari San Antonio Spurs di peringkat ke-10.

Itulah yang dirasakan oleh Lonzo Ball. Dalam sebuah wawancara dengan Shams Charania dari The Athletic, kakak LaMelo Ball itu membocorkan rencana masa depannya. Lonzo akan berstatus "restricted free agent" pada akhir musim nanti, dan bila Pelicans tidak memberinya tawaran yang cocok, maka Lonzo bisa meinggalkan tim tersebut.

Meski Pelicans kurang kuat dalam persaingan liga, namun Lonzo menunjukkan performa yang luar biasa musim ini. Dalam 51 pertandingan, dia mencetak rata-rata 14,3 poin, 4,7 rebound, dan 5,9 asis per laga. Lonzo juga mencetak 17 asis musim ini, yang jadi catatan tertinggi sepanjang kariernya. Kemudian hari ini, Lonzo menjadi pembeda saat Pelicans menang 108-103 atas Golden State Warriors. Dia mencetak 33 poin dengan akurasi tripoin 7/13.

Lonzo punya peluang meninggalkan Pelicans. Terlebih dengan kondisi keuangan tim yang kurang bagus, mustahil dia mendapatkan tawaran yang diinginkan. Tapi sebelum banyak spekulasi yang beredar di media, putra LaVar Ball itu sudah menentukan pilihannya.

Baca juga: Kalau Tawarannya Ditolak, Pelicans akan Melepas Lonzo Ball

Pemain seperti Lonzo, mustahil tidak punya keinginan terpilih menjadi All-Star, atau bermain di babak playoff, dan bahkan menjadi juara liga. Semua itu adalah mimpi setiap pemain NBA. Tapi untuk mewujudkan mimpi tersebut Lonzo sudah punya strategi. Dia harus menghindari Stephen Curry dan Damian Lillard. Oleh sebab itu, bila nantinya tawaran Pelicans tidak sesuai keinginan Lonzo, maka lebih baik dia pindah ke tim Wilayah Timur saja.

Beberapa waktu lalu, Sam Amick dari The Athletic sempat memberikan prediski tentang masa depan Lonzo Ball. Dari lima tim yang berminat mendatangkan Lonzo, tiga dari Wilayah Timur yaitu Chicago Bulls, Atlanta Hawks, dan New York Knicks. (tor)

Foto: The Palladium-Times

Komentar