IBL

LeBron James merasa lega ketika kembali bermain bersama Los Angeles Lakers, Jumat malam. Meski dia tidak bisa menyelamatkan Lakers dari kekalahan atas Sacramento Kings. Karena selama melakukan rehabilitasi cedera pergelangan kaki, LeBron merasakan tekanan mental yang luar biasa. LeBron sempat frustasi melihat Lakers jadi bulan-bulanan lawan, sementara dirinya hanya bisa duduk di bangku cadangan.

Baca juga: Tyrese Haliburton Istimewa, Kings Hancurkan Momen Kembalinya LeBron James

Lebron absen selama 20 pertandingan karena cedera pergelangan kaki. Tetapi LeBron tidak pernah meninggalkan Lakers. Dia selalu ikut mendampingi timnya baik di laga kandang maupun tandang. Justru inilah yang membuat tekanan mental semakin berat.

"Jujur, itu mengerikan bagi saya. Saya lebih stres dari sebelumnya. Saya menonton pertandingan dan tidak bisa bermain. Duduk di bangku cadangan, tapi tidak bisa memberi kontribusi, itu sangat menegangkan," kata James dalam wawancara usai pertandingan.

LeBron James menggambarkan tentang tekanan mental yang terjadi dalam dirinya. Saat duduk di bangku cadangan, otaknya terus melakukan perhitungan, mencoba memecahkan strategi lawan. Tetapi dia tidak bisa melakukannya sendiri di lapangan. LeBron harus mencari teman-temannya yang bisa melakukan hal-hal yang dipikirkan LeBron. Bila sukses, maka LeBron lega. Tapi bila gerakan rekannya tidak sesuai apa yang ada di kepalanya, LeBron makin stres.

Di sisi lain, saat Lakers terpuruk dalam pertandingan, ternyata lebih menyakitkan lagi. Karena itu semakin menunjukkan dia tidak berdaya, sementara timnya membutuhkan bantuannya.

"Itulah sisi stres. Saya bisa membantu rekan tim menang, tetapi ketika fisik kita tidak memungkinkan untuk melakukannya, maka itu menyakitkan. Itu bagian yang membuat saya semakin tertekan," ujarnya.

Rachel Nichols dari ESPN sempat menanyakan pada LeBron James setelah laga melawan Kings, tentang kondisi mentalnya sekarang. LeBron menjawab bahwa dirinya lebih nyaman sekarang, hanya saja butuh beberapa kemenangan untuk melepaskan tekanan mentalnya.

"Saya rasa dengan beberapa kemenangan di pertandingan ke depan, saya akan bebas dari stres ini," kata LeBron.

Meski pada akhirnya, LeBron tetap mengambil manfaat dari cedera tersebut. Dia bisa lebih dekat dengan keluarganya sebelum babak playoff dimulai. Ini membuat mentalnya lebih siap menghadapi tekanan, dan fokus pada target mempertahankan gelar juara.

"Saya senang bisa bermain sekarang. Itu sedikit menghilangkan stres di kepala saya," sambungnya.

Namun ada pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan LeBron, yaitu soal keselarasan permainan antara dia, Anthony Davis dan Andre Drummond, sebagai pemain inti Lakers yang baru. LeBron dan Davis musim ini tampil bersama dalam 24 pertandingan dari total 63 pertandingan Lakers. Sedangkan ketiganya, LeBron, Davis, dan Drummond, baru bermain satu pertandingan musim ini. (tor)

Foto: Silver Screen and Roll

 

Komentar