IBL

Pandemi virus korona telah berlangsung lebih dari satu tahun. Dalam waktu itu pula, pola kehidupan masyarakat mengalami perubahan drastis. Satu hal paling utama adalah hilangnya kebebasan berinteraksi sosial seiring dengan himbauan untuk jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker. Untuk beberapa bidang, hal ini cukup “membunuh” keberlangsungannya.

Seiring berjalannya waktu, muncul satu cara untuk setidaknya membuat masyarakat bisa beraktivitas lebih tenang dengan cara vaksinasi. Meski sejauh ini disebut bukan menjadi penyelesaian akhir dari pandemi, vaksinasi setidaknya bisa membuat umat manusia beraktivitas mendekati sedia kala. Salah satu contohnya adalah untuk kembali menonton pertandingan olahraga.

Amerika Serikat adalah salah satu negara terdepan yang melakukan vaksinasi. Hasilnya, beberapa laga NBA pun kini sudah mulai bisa dihadiri penonton, meski masih jauh dari kapasitas optimal stadion. Dalam rangka untuk lebih menyerap penonton lagi, tim NBA bahkan siap memberikan vaksin gratis di staidon sebelum gim, seperti yang akan dilakukan oleh Milwaukee Bucks.

Melalui rilis tim, Presiden Bucks, Peter Feigin, mengajak warga Milwaukee dan sekitarnya untuk hadir di Fiserv Forum, Minggu, 3 Mei 2021, waktu setempat, guna mendapatkan vaksin. “Seluruh penonton berusia 16 tahun ke atas yang hadir bisa mendapatkan vaksin Pfizer,” buka Peter. “Kami mendukung penuh dan berusaha meyakinkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Kami bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Milwaukee untuk mempermudah vaksinasi. Ini adalah sebuah langkah penting untuk kita semua yang akan membantu kita kembali ke kehidupan normal,” pungkasnya.

Vaksinasi bisa dilakukan sebelum, selama, dan sesudah pertandingan. Nantinya, Departemen Kesehatan Milwaukee akan melakukan pemantauan dan pemberitahuan mengenai vaksinasi tahap kedua. Rangkaian proses vaksinasi diperkirakan memakan waktu 20 – 30 menit. Fiserv Forum sendiri sejak Maret lalu sudah mulai kehdiran penonton dengan jumlah tidak sampai 3.300 di setiap gimnya.

Langkah Bucks membantu program vaksinasi bukanlah satu-satunya yang terjadi di NBA. Minggu lalu, New Orleans Pelicans juga mengumumkan hal yang sama. Bahkan, Pelicans menjelaskan bahwa di setiap laga kandang yang tersisa, jika penonton ingin melakukan vaksinasi, petugas akan selalu sedia. Sebuah langkah percepatan untuk kembali menghadirkan penonton dengan kapasitas penuh di stadion.

Secara keseluruhan, NBA memang mendukung penuh upaya pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan vaksinasi. Kemungkinan besar, Bucks dan Pelicans hanya dua tim pilot yang melakukan kegiatan ini. Setelahnya, bukan tidak mungkin seluruh tim akan memberikan fasilitas serupa di kandang masing-masing. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar