IBL

Semakin mendekati akhir musim reguler NBA 2020-2021, obrolan mengenai gelar individu pun semakin kencang. Untuk musim ini sendiri, beberapa gelar sudah terlihat hampir pasti jatuh kepada sosok tertentu. Ambil contoh Most Improved Player yang rasanya seluruh NBA sepakat bahwa Julius Randle adalah kandidat utama. Untuk Sixthman of the Year pun, Jordan Clarkson sejauh ini berhasil membuka jarak dari lawan-lawannya.

Satu gelar yang juga kebetulan cukup penting, Most Valuable Player, justru sedang dalam pertarungan sengit. NBA terakhir kali merilis lima kandidat utama untuk gelar ini. Damian Lillard, Giannis Antetokounmpo, Luka Doncic, Joel Embiid, dan Nikola Jokic adalah lima nama tersebut. Pun demikian, publik rasanya sudah mengerucutkan perdebatan pada dua nama, Embiid dan Jokic.

Terhadap dua pilihan ini, legenda NBA yang kini bekerja sebagai pengamat, Shaquille O’Neal turut bersuara. Dalam acara yang ia naungi “NBA on TNT,” pria yang akrab disapa Shaq ini memberikan jawaban yang cukup serius. “Saya akan memberikan gelar MVP untuk Joel Embiid,” buka Shaq dengan nada yang cukup dalam, tak seperti ia biasanya yang gemar bercanda.

(Baca juga: NBA Rilis Lima Kandidat Terkuat MVP 2020-2021)

“Alasannya, ia bermain sebagaimana mestinya. Ia memimpin timnya dengan baik, ia mengumpulkan rebound, ia menyerang dari dalam dan luar garis tripoint. Ia terlihat sangat bersenang-senang di luar sana. Rataan poin Embiid lebih baik dari Jokic yang juga menunjukkan Embiid sedikit lebih baik. Jika Embiid bernilai 10, maka Jokic bernilai 9,9762541. Keduanya berjarak sangat dekat, namun jika Anda bertanya pendapat saya, maka jawaban saya adalah Embiid. Sekali lagi, jarak keduanya sangat dekat,” tandasnya.

Perbedaan terbesar keduanya sejauh ini adalah prestasi tim. Embiid dan Sixers berhasil sejauh ini menduduki peringkat tertasa klasemen sementara Wilayah Timur. Bahkan, bisa dibilang Sixers bertengger sepanjang musim di sana. Sedangkan Nuggets dan Jokic sempat kesulitan di awal musim dan kini duduk di peringkat empat Wilayah Barat. Namun, jika dilihat secara rekor, sebenarnya kedua tim tak berbeda. Sixers mengantongi (39-20) sedangkan Nuggets (38-20).

Persaingan keduanya untuk gelar ini tampak semakin panas jelang akhir masa penilaian. Di sisi lain, ada peluang juga Stephen Curry diam-diam masuk dalam pembicaraan. Meski belum ada daftar rilisan terbaru dari NBA, performa Curry sepanjang April ini bisa mengubah peta persaingan. Siapa MVP? (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar