IBL

Brooklyn Nets memiliki tiga serangkai sejak James Harden bergabung pada 13 Januari 2021. Namun faktanya, Harden, Kyrie Irving dan Kevin Durant bermain bersama hanya bermain tujuh pertandingan musim ini. Rupanya alasan tersebut yang membuat keraguan atas kemampuan mereka di playoff nanti.

Nets saat ini menempati peringkat kedua di klasemen Wilayah Timur dengan rekor pertandingan 38-19. Meski punya trio Harden, Irving, dan Durant dalam rosternya, namun Nets masih diragukan untuk bisa dominan di playoff. Pernyataan ini muncul setelah melihat fakta-fakta yang terjadi selama ini. Nets hanya tujuh kali muncul dengan tim yang lengkap musim ini. Dengan kata lain, trio ini baru tampil bersama dalam tujuh laga saja. Sementara, Nets tampil 15 pertandingan tanpa ketiga bintang tersebut.

Ada banyak faktor yang menjadi kendala selama ini. Durant, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, harus berkutat dengan cedera lagi. Mulai dari hamsting hingga kekhawatiran terhadap kebugaran fisiknya. Irving juga angin-anginan. Beberapa kali absen dengan alasan pribadi yang cukup merepotkan bagi kepala pelatih Steve Nash. Sementara Harden sempat tampil menjanjikan sebelum akhirnya tumbang karena cedera hamstring.

Ada dua sisi dalam menyikapi hal ini. Sisi negatifnya, Nets jadi melemah. Sebab, dalam tujuh pertandingan dengan tiga serangkai tersebut, Nets tercatat mendominasi lawan mereka dengan rata-rata 39 poin atau 9,8 dari 100 penguasaan bola. Namun sisi positifnya, justru ketidakhadiran tiga bintangnya membuat lini kedua Nets bisa lebih terasah. Mereka adalah Joe Harris, Landry Shamet dan Jeff Green. Jadi rasanya tidak terlalu buruk bila ketiga pemain tersebut absen di musim reguler.

Tetapi Steve Nash sebagai kepala pelatih tentu berharap semua pemainnya sehat. Apalagi playoff akan dimulai kurang-lebih sebulan lagi. Nash ingin agar semua pemainnya siap bertanding. Tapi itu tidak akan terjadi dalam minggu-minggu ini. Karena daftar pemain Nets yang absen semakin panjang. Di laga melawan Pelicans, 20 April 2021, waktu Amerika Serikat, selain Harden dan Durant, ada Tyler Johnson yang nyeri lutut, serta Chris Chiozza yang mengalami retak tulang tangan kanan. Kemudian, Nic Claxton dan Reggie Perry harus menjalani karantina karena protokol kesehatan NBA.

Brian Lewis dari New York Post melaporkan bahwa Harden sudah diizinkan berolahraga ringan hari ini. Tetapi untuk kembali diturunkan dalam pertandingan, dia harus melewati beberapa latihan. Sementara Durant hanya memar saja, namun masih harus diperiksa oleh tim dokter untuk memastikan kondisinya.

"Kami semua lega karena cederanya (Kevin Durant) hanya luka memar saja. Saya pikir dia akan kembali bermain beberapa hari lagi. Saya tahu dia kecewa dengan kondisi tubuhnya dalam beberapa minggu terakhir. Tetapi dia perlu memastikan fisiknya siap menghadapi playoff nanti," ungkap Jeff Green, dikutip dari New York Post.

Nets menyisakan 15 pertandingan di musim reguler 2020-2021. Setelah itu, mereka akan tampil di playoff. Meski tidak lagi menempati unggulan teratas, namun tim asuhan Steve Nash tersebut masih jadi favorit peraih gelar juara musim ini. (tor)

Foto: Forbes

Komentar