IBL

Indonesia Patriots menurunkan lini kedua di pertandingan melawan Pacific Caesar Surabaya dalam lanjutkan IBL 2021 seri keempat, Rabu siang. Namun dengan kekuatan tersebut, Patriots mampu menghancurkan Pacific dengan skor akhir 77-46.

Sejak awal pertandingan sudah tidak tercantum nama Ali Bagir Alhadar, Aldy Izzatur Rachman, dan Kelvin Sanjaya yang biasanya masuk sebagai starter. Bahkan kapten tim Patriots, M. Arighi dan garda lincah Yudha Saputera juga duduk di bangku cadangan hingga pertandingan usai.

Ternyata semua memang disengaja oleh tim pelatih Indonesia Patriots. Di pertandingan ini, mereka sengaja memberikan kepercayaan kepada pemain lini kedua.

"Sebenarnya kami ingin melihat mereka sampai half-time saja. Tetapi karena mereka konsisten, akhirnya kami beri kepercayaan terus. Kalau dari kami, mereka itu energinya besar sekali dan tidak ada habisnya," kata Koko Heru Setyo Nugroho sebagai asisten pelatih.

Meski pemain lini kedua, tapi Patriots mampu mendominasi pertandingan. Mereka unggul 46-22 di babak pertama. Selain itu, Patriots mampu membuat Pacific hanya mencetak poin di bawah 10 poin dalam dua kuarter berturut-turut. Patriots mencetak 46 poin dari paint area, kemudian menambahkan 30 poin dari fast-break. Sementara dari 17 turnover yang dilakukan Pacific, Patriots bisa mengubahnya jadi 23 poin.

Dari tim inti. Sulthan Fauzan mencetak 11 poin. Yesaya Saudale menambahkan 11 rebound, 9 asis, 7 poin, dan 3 steal. Sementara itu para pemain di bangku cadangan Patriots menyumbang 40 poin. Dua pemian dengan poin digit ganda yaitu Mario Davidson (16 poin), dan Ikram Fadhil (10 poin).

Sebaliknya, Pacific masih bermasalah dengan turnover. Mereka sudah membuat enam turnover di kuarter pertama. Jumlah tersebut meningkat sampai 17 turnover saat laga ditutup. Selain itu, Pacific juga bermasalah dengan akurasi tembakan. Mereka hanya mencetak 17 dari 69 percobaan (24 persen). Yonatan membuat 12 poin dan 9 rebound di laga ini.

Memberi kesempatan bagi tim inti untuk beristirahat bisa jad strategi tim pelatih Patriots dalam menghemat tenaga pemain. Sebab, besok sore, 8 April 2021, Patriots dijadwalkan bertanding melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar