IBL

Louvre Dewa United Surabaya memetik delapan kemenangan dari 12 laga hingga seri ketiga IBL 2021. Kemenangan kedelapan tersebut didapat setelah mereka mengatasi perlawanan Satya Wacana Saints Salatiga dengan skor akhir 68-59, Rabu siang. Kevin Moses Eliazer Poetiray kembali tampil menawan setelah mengalami penurunan selama dua pertandingan.

Kevin Moses mencetak 19 poin, 7 asis, 6 rebound, dan 1 steal. Kevin sendiri sudah mencetak 13 poin di babak pertama untuk membuat Louvre unggul 33-26 saat turun minum. Dio Tirta Saputra yang kini bermain sebagai starter menambahkan 16 poin dan 9 rebound. Disusul pemain veteran, Wendha Wijaya yang menyumbang 10 poin, 4 asis, dan 3 steal untuk Louvre.

Dalam pertandingan tersebut Louvre berhasil menurunkan akurasi tembakan lawan, serta membuat pertandingan berjalan dengan tempo yang lambat. Sebab, mereka tahu bahwa Satya Wacana mayoritas pemain muda yang punya energi besar. Kalau bermain dengan tempo cepat, Louvre akan kewalahan.

"Kami menjalankan strategi yang sudah dibuat oleh Coach Bedu (sapaan Andika Supriadi Saputra). Satya Wacana itu tim muda dan cepat. Kalau tidak menghentikan fast-break merek, kami yang akan kalah. Jadi kami berusaha agar mereka tidak bisa mengeluarkan kecepatannya," kata Dio Tirta Saputra, usai pertandingan.

Pertahanan Louvre mendorong pemain Satya Wacana memasuki paint area. Karena mereka tahu bahwa akurasi kedua bigman Satya Wacana, Bryand Elang dan Henry Lakay kurang bagus. Justru yang diwaspadai Louvre adalah Alexander Franklyn dan Febrianus Khiansio yang bisa melepaskan tembakan jarak jauh.

Di tim Satya Wacana, Bryan Adha Elang Praditya menorehkan dobel-dobel dengan catatan 10 poin dan 10 rebound. Antoni Erga jadi top skor dengan 19 poin, disusul Henry Lakay (14 poin). Perolehan poin ini memang sudah sesuai dengan prediksi Louvre. Mereka hanya bisa mencetak poin dari paint area dengan 38 poin. Selebihnya, Satya Wacana hanya mencetak empat poin dari fast-break, serta memasukkan 4 dari 16 percobaan tripoin.

Louvre belum berada di zona aman untuk playoff. Karena persaingan di Divisi Merah sangat ketat. Mereka masih menyisakan empat pertandingan lagi di seri keempat. Louvre harus menang setidaknya dua atau tiga pertandingan lagi untuk bisa mengamankan tiket playoff 2021. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar