IBL

Denver Nuggets menunjukkan kesungguhan mereka dalam mengejar prestasi yang lebih tinggi lagi musim ini. Setelah musim lalu terhenti di final Wilayah Barat, Nuggets berusaha mematangkan skuat mereka dengan melakukan transaksi di batas akhir pertukaran pemain. 

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Nuggets berhasil mengakusisi pemain solid dalam diri Aaron Gordon dari Orlando Magic. Tak sampai di situ, Magic juga menyertakan Gary Clark sebagai paket pertukaran sebagai ganti datangnya Gary Harris, R.J. Hampton, dan satu hak memilih putaran pertama. Namun, beberapa waktu sebelum itu, Nuggets lebih dulu mengamankan jasa senter veteran, JaVale McGee.

(Baca juga: Tukar Tiga Starter, Orlando Magic Bangun Ulang Skuat)

McGee mereka datangkan dari Cleveland Cavaliers dengan mahar Isaiah Hartenstein dan dua hak memilih putaran kedua di masa mendatang. Hak memilih ini terakhir diinformasikan untuk NBA Draft 2023 dan 2027. Sebuah mahar yang bisa dibilang cukup setara untuk veteran sekaliber McGee. 

Meski sering melakukan hal konyol di lapangan, McGee tetaplah seorang senter yang solid. Nuggets sendiri butuh peningkatan di posisi ini seiring mereka melepas Mason Plumlee di awal musim lalu. Hartenstein, Bol Bol, JaMychal Green, Zeke Nnaji, hingga Paul Millsap sejauh ini masih kurang mampu mengisi ruang yang ditinggal Plumlee, utamanya untuk sisi pertahanan. 

Musim ini, dalam 33 gim yang ia mainkan bersama Cavaliers, McGee menyumbang 8,0 poin, 5,2 rebound, dan 1,2 blok per gim. Hebatnya, ia hanya bermain rata-rata 15 menit per gim. Hal yang semakin menunjukkan bahwa meski tak seeksplosif dulu, McGee tetaplah seorang senter yang solid. 

Menariknya, ini bukanlah kali pertama McGee berseragam Nuggets. Di kurun 2012-2015, McGee juga sempat berseragam Nuggets. Namun, Nuggets kala itu tak benar-benar memiliki kekuatan untuk bersainh mencari gelar juara. Di sisi lain, McGee kali ini kembali dengan status tiga kali juara NBA. Dua gelar ia dapat bersama Golden State Warriros (2017-2018), sedangkan satu sisanya ia dapatkan dengan Los Angeles Lakers musim lalu. Pengalaman ini diharapkan bisa membantu Nuggets melaju ke final NBA atau bahkan meraih juara. 

Pun demikian, McGee kemungkinan tak akan memiliki menit bermain yang lebih baik dari yang ia dapatkan di Cavaliers. Dengan sederet pemain besar yang sudah disebut di atas, McGee rasanya harus mulai membiasakan dirinya berperan sebagai mentor. Di usianya yang sudah mencapai 33 tahun, McGee mungkin akan menjadi bagian penting untuk Nuggets mengembangkan talenta Bol, Nnaji, atau bahkan Green di sisa musim dan masa mendatang. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar