IBL

Detroit Pistons mulai melakukan perombakan tim lagi. Kali ini, Pistons melibatkan garda veteran Derrick Rose dalam skenario perdangangan pemain. Rose dikirim ke New York Knicks, yang notabene kini diasuh oleh kepala pelatih Tom Thibodeau. Keduanya pernah sukses di masa lalu bersama Chicago Bulls, dan Minnesota Timberwolves.

Seperti dilaporkan Adrian Wojnarowski dari ESPN, Rose dikirim ke Knicks untuk ditukar dengan Dennis Smith Jr. dan draft pick putaran kedua pada 2021 (via Charlotte Hornets). Dengan transaksi tersebut maka Rose akan kembali bermain di bawah asuhan Tom Thibodeau. Menariknya, Thibodeau sudah menjadi pelatih di tiga tim NBA, yaitu Chicago Bulls (2010-2015), Minnessota Timberwolves (2016-2019), dan Knicks (2020-sampai sekarang). Setelah kesepakatan malam ini, maka Thibodeau selalu memiliki Rose dalam roster tim yang dilatihnya.

(Sumber foto: Hoops Habit)

Thibodeau adalah pelatih Rose ketiga dirinya menjadi MVP termuda di NBA dengan usia 22 tahun. Saat itu, Rose bermain di Bulls pada musim 2010-2011 dengan catatan rata-rata 25,0 poin, 4,1 rebound, dan 7,7 assist per pertandingan. Sebelum bergabung dengan Timberwolves di tahun 2017 dan pindah ke Detroit pada tahun 2019, Rose pernah menjadi pemain Knicks di musim 2016-2017. Dia tampil 64 pertandingan dengan catatan rata-rata 18,0 poin, 3,8 rebound, dan 4,4 assist per laga.

Thibodeau dan Rose punya catatan yang bagus. Khususnya dalam hal performa tim. Keduanya berhasil membawa Bulls empat kali ke playoff (2010-2015), serta sekali bersama Timberwolves (2018). Ini artinya, Knicks punya harapan besar untuk bisa melaju ke babak playoff musim 2020-2021. Knicks sudah lama merindukannya. Sebab, mereka terakhir masuk playoff tahun 2013 silam. Sejak saat itu performa Knicks terus merosot.

Meski Rose sudah tidak muda lagi, tapi dia masih produktif sebagai pemain cadangan di Pistons musim ini. Rose rata-rata mencetak rata-rata 14,2 poin, 1,9 rebound, dan 4,2 assist per laga. Namun dalam tiga laga terakhir, Rose absen membela Pistons. Ada indikasi bahwa dirinya memang sudah tahu bakal ada pertukaran pemain.

Komentar tentang bergabungnya Rose dengan Knicks disampaikan oleh Taj Gibson. Dia juga sempat membela Bulls dan Timberwolves. Taj kini akan reuni dengan Rose.

"Dia (Rose) adalah salah satu pemain yang sudah masuk dalam sistem Thibodeau, seperti saya. Pada dasarnya kami tahu apa yang diinginkan Thibs," katanya, dikutip dari The Oakland Press.

Menurut Shams Charania dari The Athletic, Rose memang diminati oleh banyak tim. Namun skenario pertukaran dengan Knicks ini dianggap sebagai keputusan yang menyenangkan. Bukan hanya bagi Pistons, namun juga menggembirakan bagi Derrick Rose. (tor)

Foto: Daily Knicks

Komentar