IBL

Kasus penembakan terhadap Jacob Blake yang terjadi pada bulan Agustus lalu, membuat gempar Amerika Serikat. Peristiwa tersebut memicu aksi boikot liga-liga olahraga di Amerika Serikat seperti NBA, WNBA, MLS dan MLB. Kini kasus tersebut mencuat lagi. Komunitas NBA tampak geram terhadap berita tentang pelaku penembakan terhadap Jacob Blake tidak mendapatkan dakwaan atas kesalahannya.

Seperti dikutip dari republicworld.com, Pengacara Distrik Kenosha County, Michael Graveley, pada hari Selasa, waktu setempat, mengungkapkan bahwa Rusten Sheskey tidak akan mendapatkan dakwaan atas kesalahannya. Sheskey adalah petugas polisi Kenosha yang menembak Jacob Blake sebanyak tujuh kali, yang membuatnya lumpuh pada 23 Agustus 2020 lalu.

Menurut CNN, Graveley juga mengumumkan bahwa tidak ada tuntutan untuk dua petugas lainnya yang terlibat insiden tersebut. Mereka adalah Vincent Arenas dan Brittany Meronek. Keduanya bakal dibebaskan dari segala tuduhan setelah Departemen Kehakiman Wisconsin menyatakan bahwa Jacob Blake memiliki pisau dan senjata api di kendaraannya.

Reaksi pertama dari komunitas NBA ditunjukkan oleh Milwaukee Bucks. Mereka adalah tim yang pertama kali melakukan boikot pertandingan di "gelembung" Orlando. Bucks mengeluarkan pernyataan resmi yang berisi komitmen mereka untuk berjuang demi keadilan sosial. Bucks sengaja tidak menyebutkan tentang kasus Jacob Blake, tapi jelas mereka kecewa terhadap keputusan jaksa yang tidak mengeluarkan dakwaan terhadap pelaku penembakan.

Bintan Los Angeles Lakers, LeBron James juga berkomentar tentang hal tersebut. James mengunggah kembali cuitan tentang kata-kata Dr. Martin Luther King Jr. "An unjust law is no law at all". James menambahkan komentar "AT ALL!!!" lengkap dengan emoticon kesal.

Sementara itu, kepala pelatih Brooklyn Nets, Steve Nash juga berkomentar tentang berita tersebut. Nash memberi komentar sebelum pertandingan Nets melawan Utah Jazz, hari Rabu malam, waktu setempat. Nash menyebut bahwa kabar ini sangat menjengkelkan, karena tidak ada dakwaan terhadap petugas yang jelas-jelas melakukan penembakan terhadap Jacob Blake. Seluruh dunia bisa menyaksikan video peristiwa tersebut.

Isu keadilan sosial memang kembali memanas pada tahun 2020. Setelah beberapa peristiwa yang menimpa orang kulit hitam terekam dan beredar luas di media sosial. Demonstrasi besar-besaran dan kampanye "Black Lives Matter" makin marak. Kabarnya, berita tentang tidak ada dakwaan terhadap pelaku penembakan Jacob Blake juga sudah memicu reaksi warga Amerika Serikat. (tor)

Foto: Orange County Register

Komentar