IBL

Legenda Phoenix Suns Paul Westphal meninggal di usia 70 tahun. Dia merupakan Hall of Famer NBA, juara NBA, serta memiliki karier yang cemerlang baik sebagai pelatih dan pemain. Westphal meninggal di Scottsdale, Arizona. Menurut kabar, pada bulan Agustus lalu, Westphal didiagnosis menderita kanker otak.

Westphall bermain di NBA sejak 1972 hingga 1984. Dia pernah terpilih sebagai NBA All-Star lima kali. Westphal menjadi juara NBA bersama Boston Celtics pada tahun 1974. Kemudian pada tahun 1975 dia bergabung dengan Phoenix Suns. Pada musim pertamanya, guard yang memiliki tinggi badan 1,9 meter itu berhasil membawa Suns ke Final NBA 1976. Ini menjadi pencapaian tertinggi Suns di NBA. Karena Suns dua kali menjadi juara Wilayah Barat yaitu 1976 dan 1993. Semua ada campur tangan Paul Westphal.

"Mungkin hanya ada segelintir orang yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah Phoenix Suns. Paul Westphal salah satunya," kata mantan pemilik Suns, Jerry Colangelo, kepada Mooresville Tribune. "Dia berjasa bagi tim ini, baik sebagai pemain dan sebagai pelatih. Di luar lapangan, dia adalah seorang pria yang sayang keluarda dengan karakter dan tingkah laku yang baik."

Westphal meninggalkan Suns pada tahun 1980, untuk bergabung dengan Seattle SuperSonics. Setahun setelahnya, Westphal pindah ke New York Knicks. Lalu kembali ke Suns untuk musim 1983-1984 sebelum memutuskan pensiun. Selama menjadi pemain NBA, Westphal rata-rata mencetak 15,6 poin, 4,4 assist, dan 1,9 rebound per pertandingan. Suns mengistirahatkan nomor jersey 44 yang dipakai Westphal selama bermain untuk Suns. Pada tahun 1988, Westphal bertugas sebagai asisten pelatih. Lalu pada tahun 1992 dia naik jabatan sebagai kepala pelatih Suns. Westphal membawa Suns ke Final NBA 1993.

Selama 40 tahun terakhir, Westy tetap menjadi teman baik bagi tim kami dan sebagai penasihat dan orang kepercayaan saya," kata manajer Suns, Robert Sarver. "Nomor 44-nya akan selamanya mendapatkan tempat yang terhormat di hati kami."

Selain dianggap berjasa dalam sejarah Suns, Westphal ternyata pernah tercatat sebagai kepala pelatih Seattle SuperSonics (1998-2000) dan Sacramento Kings (2009-2012). Westphal dilantik sebagai Naismith Basketball Hall of Fame sebagai pemain pada tahun 2019. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar