IBL

Trevor Ariza memulai karier di NBA sejak tahun 2004. Kini pemain berusia 35 tahun tersebut memegang sebuah rekor yang unik. Ariza dinobatkan sebagai pemain yang paling sering dilibatkan dalam pertukaran pemain (trade) di NBA. Hingga tahun 2020, tercatat Ariza sudah ditukar sebanyak 10 kali.

Ada beberapa cara perpindahan pemain di NBA. Lazimnya bisa saja seorang pemain dibeli dari tim lain, kemudian diambil dari bursa pemain "free agent", dan yang terakhir terlibat dalam skenario pertukaran pemain. Ternyata untuk poin yang terakhir ini, Trevor Ariza rajanya. Dalam arti, Ariza menjadi pemain yang paling sering ditukar dengan pemain dari tim lain.

Sejak bermain di NBA tahun 2004 hingga sekarang, Ariza sudah membela sembilan tim. Mulai dari New York Knicks, Orlando Magic, Los Angeles Lakers, Houston Rockets, New Orleans Hornets, Washington Wizards, Phoenix Suns, Sacramento Kings, Portland Trail Blazers. Bila dirinya tampil untuk Oklahoma City Thunder di musim 2020-2021, maka akan jadi tim ke-10 sepanjang kariernya.

Berikut daftar pertukaran pemain yang melibatkan Ariza:

1. 22 Februari 2006 - Ariza ditukar ke Orlando Magic oleh New York Knicks bersama Anfernee "Penny" Hardaway. Knicks saat itu mendapatkan Steve Francis.

2. 20 November 2007 - Ariza yang berstatus sebagai pemain Magic, ditukar dengan Brian Cook dan Maurice Evans dari Los Angeles Lakers.

3. 12 Agustus 2010 - Ariza yang bermain untuk Rockets ditukar dengan Courtney Lee dari New Orleans Hornets.

4. 20 Juni 2012 - Dari New Orleans Hornets, Ariza dikirim ke Washington Wizards. Ariza bersama Emeka Okafor ditukar dengan Rashard Lewis dan tiket putaran kedua Draft NBA 2012.

5. 15 Juli 2014 - Houston Rockets sepakat melakukan pertukaran tiga arah bersama New Orleans Pelicans dan Washington Wizards. Kesepakatan tersebut membuatnya bisa kembali memperkuat Rockets.

6. 17 Desember 2018 - Ariza sebenarnya menandatangani kontrak satu tahun dengan Phoenix Suns pada 6 Juli 2018. Tapi lima bulan kemudian, Suns mengirimnya ke Washington Wizards untuk ditukar dengan Kelly Oubre Jr. dan Austin Rivers.

7. 21 Januari 2020 - Setelah menandatangani kontrak dua tahun bersama Sacramento Kings pada Juli 2019, Ariza ditukar ke Portland Trail Blazers. Kings saat itu mendapatkan Kent Bazemore dan Anthony Tolliver. Sementara Blazers menerima Ariza, Wenyen Gabriel, dan Caleb Swanigan.

8. 17 November 2020 - Portland Trail Blazers mengirimnya ke Houston Rockets untuk mendapatkan Robert Covington. Ariza dikirim ke Rockets bersama Isaiah Stewart.

9. 24 November 2020 - Karena Rockets ingin mengamankan tiket draft di masa depan, mereka mengirim Ariza dan Isaiah Stewart ke Detroit Pistons.

10. 27 November 2020 - Perjalanan Ariza jelang musim 2020-2021 belum usai. Karena Pistons terlibat pertukaran pemain tiga arah dengan Dallas Mavericks dan OKC Thunder. Mavs mengirim Delon Wright ke Pistons, dan Justrin Jackson ke Thunder. Thunder mengirim James Johnson ke Mavericks. Lalu yang terakhir Pistons mengirim Ariza ke Thunder.

Ini menjadi kisah pertukaran pemain terbanyak dalam sejarah NBA. Karena dalam situs hoopshype.com disebutkan bahwa Ariza satu-satunya pemain yang terlibat pertukaran pemain 10 kali. Di bawahnya ada dua pemain, yaitu Chris Gatling dan Dale Eliis. Keduanya terlibat pertukaran sebanyak delapan kali sepanjang kariernya.

Trevor Ariza punya rekor penampilan di NBA sebanyak 1.064 pertandingan musim reguler dan 102 pertandingan playoff, sejak tahun 2004 hingga 2020. Menurut Frank Urbina dari hoopshype, nasib buruk yang dialami Ariza dalam beberapa tahun terakhir bukan karena penampilannya. Justru karena nilai kontraknya kecil, sehingga bisa dilibatkan dalam pertukaran pemain. Sebenarnya, bila melihat performanya, Ariza juga masih punya kemampuan yang baik. Pada musim 2019-2020, dia tampil 21 pertandingan bersama Blazers dengan mencetak rata-rata 11,0 poin, 4,8 rebound, dan 2,0 asis per gim. (tor)

Foto: Detroit Bad Boys

Komentar