IBL

Kasus Covid-19 di Los Angeles mengalami peningkatan. Pejabat kesehatan setempat menyalahkan Los Angeles Lakers atas peningkatan kasus tersebut. Orang-orang yang berpesta merayakan gelar juara NBA 2020 mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah setempat.

Menurut Los Angeles Times, rata-rata kasus Covid-19 di Los Angeles pada bulan Oktober di bawah seribu kasus per hari. Tetapi setelah Lakers menjadi juara NBA pada 11 Oktober lalu, jumlah kasus per hari naik hampir 1.200 kasus. Yahoo!Sports menulis bahwa di Los Angeles kasusnya mencapai lebih dari 300 ribu kasus, dengan total kematian mencapai 7 ribu jiwa.

Sementara itu, ada pernyataan departemen kesehatan Los Angeles yang menyatakan bahwa final NBA menjadi penyebab peningkatan kasus penularan virus Covid-19.

"Pertemuan orang untuk menonton hingga merayakan gelar juara Lakers bisa menjadi pemicunya. Kegiatan tersebut berlangsung dua sampai tiga minggu, atau saat Lakers tampil di final, sampai perayaan gelar juara. Banyak yang tidak memakai masker dan berdekatan satu sama lain," katanya, seperti dikutip dari USA Today.

Pejabat kesehatan setempat sebenarnya sudah khawatir saat Lakers masuk final. Mereka sudah mengantisipasi bahwa perayaan juara bisa berlangsung selama berhari-hari di jalan-jalan kota. Justru yang terjadi lebih dari yang dibayangkan, karena malah sempat pecah kerusuhan di Los Angeles, tepat saat Lakers memastikan gelar NBA ke-17. Kekhawatiran tersebut sangat beralasan. Sebab, dari data The New York Times, ada lebih dari 8,7 juta kasus penularan virus Covid-19 di Amerika Serikat (per Senin, 26 Oktober 2020).

Baca Juga: Virus Buka Baju JR Smith, Sindiran untuk Antetokounmpo, Hingga Kerusuhan di LA

Pemerintah Los Angeles saat ini sedang siaga satu. Karena bukan hanya Lakers yang bisa menjadi pemicu peningkatan penularan virus Covid-19. Tim baseball Los Angeles Dodgers juga berpeluang menjadi juara dunia (2020 World Series Major Leage Baseball). Di seri final melawan Tampa Bay Rays, Dodgers sudah unggul 3-2 di gim kelima. Bila mereka menang pada Gim 6, maka pesta perayaan di jalan-jalan kota Los Angeles tidak terelakkan lagi. Gim 6 antara Dodgers dan Tampa Bay akan berlangsung Selasa, 27 Oktober 2020.

Dodgers sendiri sudah lama tidak merasakan gelar juara World Series. Terakhir, mereka menjadi juara di tahun 1988. Jadi, kalau tahun ini Dodgers juara, maka akan mengakhiri penantian penggemar selama 32 tahun. (tor)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar