IBL

Erik Spoelstra selalu memasang pemain inti yang sama dalam 16 gim playoff, termasuk di gim pertama Final NBA melawan Los Angeles Lakers. Mereka adalah Jimmy Butler, Bam Adebayo, Goran Dragic, Jae Crowder dan Duncan Robinson. Kini dua pemain dilaporkan cedera, dan kemungkinan besar bakal absen yaitu Adebayo dan Dragic. Bagaimana Spoelstra akan menghadapi gim kedua nanti?

Kamis, 1 September waktu setempat, Miami Heat mengumumkan bahwa Adebayo dan Dragic diragukan tampil untuk gim kedua Final NBA 2020 melawan Lakers. Dragic cedera plantar fascia (peradangan di bagian tumit yang berakibat nyeri di telapak kaki). Dia sempat bermain di gim 1 Final NBA, namun hanya babak pertama saja dan tidak kembali di babak kedua karena cedera tersebut. Dragic kemungkinan tidak bisa dimainkan di gim kedua.

Adebayo mengalami cedera bahu saat Heat menang atas Boston Celtics di gim keenam final Wilayah Timur. Cedera itu tidak dirasakan, dan Adebayo tetap bermain hingga akhir laga dengan mencetak 32 poin dan 14 rebound. Kemudian pada hari Rabu lalu, saat pertemuan pertama dengan Lakers, Adebayo mengalami benturan dengan Dwight Howard.

Adebayo sempat keluar arena untuk menjalani pemeriksaan sinar-X, dan hasilnya sepertinya aman-aman saja. Meski Adebayo kembali bermain, Heat tetap kalah di gim pertama. Adebayo dinyatakan cedera leher setelah menjalani pemeriksaan MRI pada Kamis pagi waktu setempat. Adebayo juga masuk daftar pemain yang diragukan tampil untuk gim kedua.

Sementara itu, tepat sebelum turun minum di gim 1 Final NBA 2020, Jimmy Butler mengalami cedera pergelangan kaki, saat dirinya akan melakukan penetrasi mendekati ring. Butler tetap bermain hingga akhir. Butler keluar arena dengan tertatih-tatih setelah gim usai. Beruntung, Butler dikonfirmasi bisa bermain di gim kedua.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai peluang Heat di gim kedua, berikut statistik tim asuhan Erik Spoelstra selama playoff 2020.

Dari statistik di atas, ada tiga pemain selain tim inti yang punya menit bermain di atas 100 menit, yaitu Tyler Herro (529 menit), Andre Iguodala (317 menit), Kelly Olynyk (163 menit), dan Kendrick Nunn (124 menit).

Kembali ke persoalan cedera Dragic dan Adebayo. Pada gim pertama lalu, saat Dragic cedera, Kendrick Nunn mampu menutupi kekosongan posisi yang ditinggalkan Dragic. Nunn mencetak 18 poin dengan akurasi 8 dari 11 percobaan tembakan. Penampilan yang bagus meski gagal membuat Heat menyusul Lakers di babak kedua.

Nunn bisa menggantikan Dragic di gim kedua nanti, dengan asumsi Tyler Herro tetap bermain dari bangku cadangan. Nunn menampilkan permainan yang bagus di musim reguler. Dia mencetak 15,3 poin, 2,7 rebound, dan 3,3 asis dalam 67 pertandingan. Walaupun di playoff, Erick Spoelstra jarang menurunkannya. Nunn hanya tampil 10 gim dengan rata-rata selama 12 menit, dengan kontribusi 4,7 poin, 1,6 rebound, dan 1,1 asis per gim.

Tidak sulit bagi Erik Spoelstra untuk mencari pengganti Goran Dragic. Namun, akan sangat menguras otak bila yang tidak bisa tampil adalah Bam Adebayo. Pemain yang mencetak 17,8 poin, 10,9 rebound, dan 4,6 asis di 16 gim playoff musim ini. Karena Adebayo bisa membuat Heat unggul 7,2 poin per 100 possession saat dirinya bermain di lapangan. Pemain yang paling penting bagi Heat saat menyerang dan bertahan.

Dalam pertahanan, Heat akan kesulitan menahan Anthony Davis tanpa kehadiran Adebayo. Saat menyerang, Heat akan kehilangan 3,7 offensive rebound per gim yang biasanya diraup oleh Adebayo (tertinggi di tim Miami Heat saat playoff 2020). Sementara barisan pertahanan sibuk mengamankan Anthony Davis, LeBron James akan bergerak leluasa tanpa pengawalan. James akan menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Heat.

Pilihan strategi yang tersedia untuk absennya Adebayo ada dua. Pertama mereka memainkan strategi "bola kecil", dengan Tyler Herro dan Duncan Robinson sebagai pendulang poin. Sedangkan Jimmy Butler tetap bertugas membagi bola untuk kedua pemain tersebut. Lalu saat bertahan, mereka menggunakan Andre Iguodala sebagai senter. Pilihan itu dibuat karena Iguodala punya kemampuan bertahan yang baik, dan sudah berpengalaman menjaga LeBron James di beberapa Final NBA.

Bila tetap dengan strategi awal, dan hanya mengganti pemain layaknya kepingan-kepingan puzzle, maka Erick Spoelstra bisa berharap pada Kelly Olynyk. Karena dia sempat tampil 13 pertandingan playoff dengan kontribusi 5,8 poin dan 4,2 rebound. Memang jauh dari kontribusi Adebayo, tetapi setidaknya Olynyk pernah tampil di empat playoff sebelumnya (3 kali bersama Boston Celtics). Pengalamannya bisa dimanfaatkan untuk membantu pertahanan, terutama menjaga Davis.

Pilihan terakhirnya, Heat menyerah di gim kedua, dan mencoba bangkit di gim ketiga. Berharap dalam dua hari ke depan Adebayo dan Dragic pulih dari cedera. Mereka bisa kembali bertanding dengan formasi awal yang normal. (tor)

*statistik yang ditampilkan milik basketball-reference

Foto: NBA

Komentar