IBL

Terpilihnya Steve Nash menjadi Kepala Pelatih Brooklyn Nets ditanggapi beragam oleh banyak pihak. Stephen A. Smith sempat menyebut bahwa ada masalah rasial dalam pemilihan ini. Di sisi lain, banyak pihak yang terkejut atas pemilihan ini mengingat Nash sama sekali tak memiliki pengalaman melatih tim NBA. Nash hanya pernah terlibat di skuad Golden State Warriors sebagai konsultan pemain, itu pun hanya paruh waktu.

Namun, perjalanannya bersama Warriors memang bisa dibilang cukup baik. Bergabung di musim 2015-2016, Nash ikut masuk bagian susunan Warriors yang memecahkan rekor kemenangan musim reguler Chicago Bulls. Satu musim kemudian, Warriors yang sebelumnya kalah di final atas Cleveland Cavaliers berhasil membalaskan dendam dan akhirnya membuat Nash meraih cincin juara pertama sepanjang kariernya.

Atas segala hal di atas, muncul spekulasi bahwa pemilihan Nash sebagai kepala pelatih terjadi karena bintang mereka, Kevin Durant, yang memilihnya. Namun, hal itu akhirnya disanggah oleh Durant saat ia berbincang di siniar (podcast) milik penyanyi rap Amerika Serikat, Joe Budden.

(Baca juga: Brooklyn Nets Tunjuk Steve Nash Pimpin Kyrie Irving dan Kevin Durant)

“Tentang hal ini, saya perlu tegaskan bahwa bukan saya yang memilih pelatih Nets,” buka Durant. “Kami punya orang yang bekerja dan tugasnya adalah melakukan hal itu, dan itu bukan saya. Saya di sini hanya mendukung keputusan tersebut. Saya dan Kyrie Irving, kami selalu dalam pola pemikiran yang sama. Kami hanya pemain basket, urusan pelatih bukanlah hal utama yang kami pikirkan,” pungkasnya.

Mungkin Durant memang tidak memlih langsung siapa pelatih Nets musim depan. Namun, ucapan Manajer Umum Nets, Sean Marks, bahwa dua bintang utama mereka memberikan saran mengenai pemilihan pelatih Nets menunjukkan betapa pentingnya persetujuan keduanya dalam pemilihan Nash. Jika Durant dan Irving tak merasa Nash mampu memimpin Nets, mungkin saja Nash tak akan mendapat pekerjaan ini.

Sebelum menapat musim depan, Nash dan manajemen Nets akan dihadapkan pada sederet persoalan susunan pemain. Nets memiliki 12 pemain dalam kontrak untuk musim depan. Namun, salah satu penembak jitu mereka, Joe Harris, akan menjadi pemain bebas. Di sisi lain, Nets terus dikaitkan pada kemungkinann bergabungnya pemain bintang ketiga untuk menemani Durant dan Irving. Dengan ruang gaji yang mereka punya, satu-satunya cara adalah melakukan pertukaran. Tentang siapa yang ditukar dan apakah ini ide yang relevan, Nash dan manajemen Nets yang akan menjawabnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar