IBL

Los Angeles Clippers dihadapkan pada sebuah kutukan. Bak déjà vu, perjalanan Clippers di playoff 2020 memiliki kesamaan dengan Clippers di playoff 2015. Kala itu, masih diperkuat oleh Chris Paul dan Blake Griffin, Clippers unggul (3-1) dari Houston Rockets. Seolah sudah akan lolos ke final wilayah, Rockets bangkit dan membalik keadaan untuk menjadi tim yang lolos ke final Wilayah Barat jumpa Golden State Warriors.

Atas peluang pengulangan sebuah kejadian ini, Kepala Pelatih Clippers, Doc Rivers, berusaha menenangkan semua pihak dengan melihat timnya sebagai sebuah tim yang tak berpengalaman. “Kami berada di sini (gim 7) karena kami sendiri yang menempatkan kami di sini,” buak Doc dilansir Yahoo Sports.

“Anda bisa melihat hal ini dari sisi bagus atau buruk, tapi ya ini fakta yang terjadi. Tim kami tak memiliki pengalaman bermain di tingkat ini. Jadi, mereka mempelajari semuanya sekarang, saat semuanya sedang terjadi dengan sangat cepat.”

Secara skuad, praktis memang hanya Kawhi Leonard yang sudah terbukti memiliki mentalitas juara di playoff. Bintang kedua Clippers, Paul George, bahkan sudah tak pernah lolos ke semifinal Wilayah sejak 2014 lalu. Pemain-pemain Clippers lainnya hanyalah pemain dengan label “ pemain bagus” di NBA, tapi belum memiliki prestasi yang mumpuni.

(Baca juga: Doc Rivers Sejajar dengan Pelatih Legendaris Red Auerbach)

“Ada dua hal yang jelas tidak kami lakukan di paruh kedua dua gim terakhir. Secara pertahanan, jelas kami sangat buruk, terbukti dengan akurasi Nuggets yang mencapai 60 persen di paruh kedua. Satu hal lainnya adalah kami membiarkan mereka mendapatkan tembakan gratis nyaris di setiap penguasaan bola,” lanjutnya.

Pun demikian, Doc tak lupa memberi pujian kepada Nuggets yang tampil luar biasa di dua gim terakhir. “Kita semua harus memberi Nuggets kredit karena mereka tahu betul apa yang harus mereka lakukan. Mereka terus bermain agresif dan membuat upaya menyerang kami terus terhambat. Beri Nuggets kredit karena mereka bermain cukup keras dan mereka sejatinya adalah tim terbaik ketiga di Wilayah Barat,” pungkasnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar