IBL

Pandemi COVID-19 menghadirkan sejumlah ironi. Salah satunya, menyadarkan kita mengenai pentingnya gaya hidup sehat, namun secara bersamaan masyarakat memiliki keterbatasan untuk berolahraga. Hal ini diutarakan oleh Azrul Ananda, Founder brand activewear AZA yang juga Founder & CEO DBL Indonesia, serta salah seorang pengusaha Indonesia yang belasan tahun menggeluti industri olahraga. Pernyataan tersebut diutarakan Azrul pada peluncuran kompetisi lari virtual AZA Virtual Run, hari ini (7/9), yang ditayangkan secara online dari kantor brand AZA di Surabaya.

"Sekitar 75-80 persen perang melawan COVID-19 ini adalah melalui pencegahan. Salah satunya adalah dengan menjaga imunitas tubuh, termasuk dengan tetap berolahraga. Namun sayangnya, di saat orang sadar pentingnya olahraga, di saat itu pula even olahraga sedang sulit diadakan," kata Azrul. "Oleh karena itu, kami dari brand activewear AZA mengadakan AZA Virtual Run yang akan mengajak peserta untuk bergerak. Yaitu, melalui lari, Ibu dari seluruh olahraga. Olahraga yang sangat mudah dan terjangkau. Tidak butuh banyak alat. Tentu saja dengan tetap menjaga prosedur pencegahan persebaran COVID-19," ujarnya.

Dari kiri, Rosyidan (AZA Brand Executive), Adystra Bimo (Co-Founder RunHood), dan Azrul Ananda (Founder brand Activewear AZA) pada peluncuran AZA Virtual Run 2020.

Program yang dijalankan bekerja sama dengan RunHood, komunitas lari terbesar di Indonesia, ini akan diselenggarakan pada 24-31 Oktober 2020. Pendaftaran akan dibuka mulai 8 September 2020 dengan jumlah terbatas. 

Adystra Bimo, Founder RunHood mengutarakan pentingnya menyelenggarakan program yang menggerakkan masyarakat. “Orang berolahraga itu membutuhkan tujuan. Sehingga ketika kami di RunHood ingin mengembangkan kultur lari di seluruh pelosok Indonesia, bukan hanya di kota besar, maka kita perlu untuk punya program seperti AZA Virtual Run,” ujar Dystra. “Bersama AZA dan DBL Indonesia yang sudah terbiasa mengembangkan olahraga di seluruh pelosok Indonesia, kami berharap, masyarakat makin memahami betapa pentingnya olahraga lari sejak dini, sebelum kemudian masuk ke olahraga lain. Kami berharap lari bisa menjadi sepopuler basket dan sepak bola,” lanjut Adystra.

Adystra juga mengingatkan untuk pentingnya menjaga prosedur kesehatan. "Jaga jarak, rajin cuci tangan, jangan mengusap wajah, dan pahami betul bahwa lokasi lari adalah rendah risiko penularan COVID-19. Jangan berlari di area yang padat," ingatnya.

AZA Virtual Run juga diadakan bersamaan dengan perayaan Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada 28 Oktober 2020. Siapapun pesertanya, dari Aceh sampai Papua, bisa mengikuti program ini. "Berbeda dengan kompetisi lari biasa. Kita tidak perlu berkumpul di satu tempat. Mengingat bahwa negara kita adalah kepulauan, ini akan memudahkan siapapun untuk menjadi peserta. Tidak terbatas lokasi," ujar Azrul. 

Lomba lari secara daring ini akan dilaksanakan dengan dua kategori, yakni 5K dan 10K. Peserta bisa mengunakan aplikasi rekam lari apa saja. Juga dapat berlari dari mana saja sesuai domisili masing-masing. Bisa dilakukan di trek jalanan, jogging track, trail track, bahkan mesin treadmill. Asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan, serta tidak mengganggu ketertiban lalu lintas. 

AZA Virtual Run merupakan bentuk komitmen jangka panjang brand AZA dalam mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berolahraga. "Sejak dulu, kami selalu ingin menjadi brand kebanggaan Indonesia yang mematahkan batasan untuk masyarakat berolahraga. Karena itu, AZA awalnya berdiri untuk membuat brand sepatu basket yang terjangkau dan berkualitas. Kemudian kami juga melihat pentingnya pengembangan untuk activewear lainnya, juga dalam lini olahraga lain, untuk semakin bisa mendorong masyarakat berolahraga," ujar Azrul.

Seluruh partisipan nantinya akan mendapatkan running tee eksklusif AZA bertemakan Indonesia. "Seluruh partisipan juga akan mendapatkan voucher belanja produk AZA, serta E-BIB. Bagi yang berhasil menyelesaikan tantangan lari sesuai kategori pilihannya, akan mendapatkan medali khusus dari AZA Virtual Run serta e-certificate," kata Rosyidan, Brand Executive AZA. Pendaftaran dapat dilakukan di run.azawear.com. (*)

Tentang AZA

AZA awalnya dikenal luas sebagai merek sepatu basket asal Indonesia yang berkualitas dengan harga terjangkau. Jutaan masyarakat Indonesia telah menggunakan produknya. Kini, AZA mengembangkan diri dengan membuka lini activewear dan menyediakan berbagai kebutuhan olahraga, utamanya untuk olahraga basket, sepak bola, dan lari. Semangat AZA adalah menjadi katalis dalam mematahkan batasan-batasan untuk orang berolahraga. AZA merupakan bagian dari DBL Indonesia, perusahaan yang bergerak di industri sports and entertainment yang didirikan oleh Azrul Ananda. Untuk info lebih lanjut, klik www.azawear.com 

Komentar