IBL

Memang mengagetkan ketika seorang komentator sekelas Kenny Smith tiba-tiba meninggalkan set syuting 'NBA di TNT' pada Rabu malam, 26 Agustus 2020 waktu setempat. Aksi sebagai solidaritas terhadap aksi boikot pemain NBA. Selain itu juga mengagetkan tiga rekannya.

Seperti biasa acara 'NBA on TNT' selalu menyenangkan dengan pembahasan yang menarik dari Kenny Smith, Charles Barkley, Shaquille O'Neal, dan dipandu oleh Ernie Johnson. Tetapi pada Rabu malam, acara ini menjadi aneh. Karena boikot pemain, serta Kenny Smith yang keluar dari set saat siaran berlangsung. Ini membuat canggung semua orang.

Siaran hari ini seharusnya membahas tentang pra-pertandingan playoff yang antara Oklahoma City Thunder dan Houston Rockets. Namun, gim tersebut, serta semua gim hari ini ditunda karena aksi boikot pemain. Mereka memprotes ketidakadilan rasial setelah penembakan Jacob Blake oleh Kenosha, polisi Wisconsin .

Smith, seorang analis lama TNT dan veteran NBA selama 10 musim tahun berbicara saat pertunjukan mengudara dan menjelaskan alasannya sebelum meninggalkan lokasi syuting.

"Sebagai orang kulit hitam dan mantan pemain. Saya pikir hal terbesar sekarang. Saya pikir yang terbaik bagi saya untuk tidak berada di sini malam ini," kata Smith.

"Saya menghormati itu," jawab pembawa acara, Ernie Johnson.

Smith kemudian melepas mikrofonnya dan meninggalkan kursinya di antara Johnson dan sesama analis Charles Barkley.

Johnson, Barkley dan analis Shaquille O'Neal duduk diam sejenak. Barkley bahkan tidak bisa berkata-kata, hanya meneguk minuman dari cangkirnya. Sedangkan Shaq duduk dan melihat Kenny keluar ruangan. Tidak jelas apakah mereka mengetahui rencana Smith untuk meninggalkan set sebelumnya.

Meski ditinggalkan Smith acara tersebut dilanjutkan dengan O'Neal yang berspekulasi tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk para pemain. Lalu mereka juga memberikan laporan langsung dari "gelembung" NBA.

Smith bermain di NBA musim 1987 hingga 1997. Dia memenangkan dua kejuaraan NBA sebagai garda utama untuk Houston Rockets. Smith bergabung dengan Turner Sports tidak lama setelah pensiun dari NBA dan merupakan bagian dari acara "Inside the NBA" dan liputan NBA dari TNT.

Sementara itu, nasib sisa musim NBA masih belum jelas hingga Rabu malam. Setelah pertandingan ditunda, Bucks merilis pernyataan menuntut pertanggungjawaban dari polisi Kenosha dan anggota parlemen Wisconsin. Video muncul Minggu malam ketika polisi menembak pria kulit hitam berusia 29 tahun dan ayah dari tiga anak beberapa kali di belakang, menyebabkan dia lumpuh dari pinggang ke bawah, menurut ayahnya. (tor)

Foto: NBA

Komentar