IBL

Liga-liga olahraga profesional di Amerika Serikat melakukan boikot. Setelah NBA dan WNBA ditunda, menyusul di belakangnya Major League Baseball dan Major League Soccer. Tiga laga baseball ditunda, sementara di sepak bola sudah sempat ada satu gim yang dimainkan, lalu lima gim lainnya berpeluang mengalami penundaan karena pemain menolak tampil.

Seattle Mariners dan San Diego Padres tidak akan bermain hari Rabu, 26 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat, setelah pemain Seattle memilih untuk bergabung dengan boikot olahraga profesional yang dimulai oleh NBA. ESPN yang pertama kali melaporkan bahwa tim-tim tersebut tidak turun ke lapangan, dan pertandingan antara Milwaukee Brewers melawan Cincinnati Reds, serta San Francisco Giants melawan Los Angeles Dodgers, juga ditunda.

Para pemain dari beberapa cabang olahraga tersebut sepakat menunda pertandingan mereka sebagai bagian dari protes penembakan polisi terhadap Jacob Blake di Kenosha, Amerika Serikat.

Keputusan itu datang setelah Milwaukee Bucks memutuskan untuk tidak bermain dalam pertandingan playoff yang dijadwalkan melawan Orlando Magic. Dua pertandingan NBA lainnya ditunda setelah itu, begitu pula ketiga pertandingan WNBA yang dijadwalkan.

Baca Juga: Milwaukee Bucks Boikot Gim Kelima, Wujud Protes Penembakan Jacob Blake

Kedua tim Milwaukee (Bucks dan Brewers) telah bersuara dalam beberapa hari terakhir setelah Jacob Blake, pria kulit hitam berusia 29 tahun, ditembak beberapa kali di punggung oleh seorang petugas polisi di Kenosha pada Minggu malam. Dia selamat dari penembakan tersebut, tetapi dia lumpuh dari pinggang ke bawah, dan insiden itu memicu protes di Wisconsin tenggara.

"Jelas dengan apa yang terjadi di Kenosha, itu dekat dengan rumah kami. Anda tahu, kami telah mengenakan kaus yang bertuliskan 'Justise', " kata Ryan Braun, pemain Brewers." Tetapi pada titik tertentu, tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata, dan kami merasa hari ini memberikan kesempatan unik, saat bagi kami untuk menggunakan platform kami untuk benar-benar bertindak."

Di bagian lain, liga sepak bola Amerika Serikat sudah melakukan penundaan pertandingan, meski ada satu gim yang terlanjur dimainkan, yaitu Orlando City SC melawan Nashville SC, yang dimenangkan Orlando dengan skor 3-1.

Sedangkan pertandingan yang ditunda antara lain: FC Dallas melawan Colorado Rapids, Real Salt Lake melawan LAFC, San Jose Earthquakes melawan Portland Timbers, dan LA Galaxy melawan Seattle Sounders.

MLS mengeluarkan pernyataan resmi di website liga.

"Seluruh keluarga Major League Soccer sangat sedih dan ngeri dengan penembakan tidak masuk akal dari Jacob Blake dan kejadian di Kenosha. Kami terus berdiri bersama komunitas Kulit Hitam di seluruh negara kami - termasuk pemain dan karyawan kami - dan berbagi rasa sakit, amarah, dan frustrasi mereka."

"MLS dengan tegas mengutuk rasisme dan selalu membela kesetaraan, tetapi kita perlu berbuat lebih banyak untuk mengambil langkah nyata untuk memengaruhi perubahan. Kami akan terus bekerja dengan para pemain kami, klub kami dan komunitas sepak bola yang lebih luas untuk memanfaatkan kekuatan kolektif kami untuk memperjuangkan kesetaraan dan keadilan sosial."

Asosiasi pemain sepak bola Amerika (MLSPA) juga menyatakan dukungan terhadap boikot hari ini. Mereka mendukung para pemain yang melakukan aksi mogok bertanding. Akun twitter MLSPA juga mengunggah dukungan terhadap NBPA sebagai asosiasi pemain NBA.

Hari ini, semua olahraga profesional Amerika Serikat benar-benar menghentikan aktifitasnya. Ini dilakukan setelah para pemain memilih tidak bertanding sebagai bentuk protes terhadap kebrutalan polisi terhadap orang kulit hitam di Amerika Serikat. (tor)

Foto: MLB dan MLS

Komentar